Home / BERANDA / BRIPKA Stef Lendu Imbau Warga Wekatimun Jauhi Kebiasaan Membakar Hutan

BRIPKA Stef Lendu Imbau Warga Wekatimun Jauhi Kebiasaan Membakar Hutan

Dalam rangka mencegah sekaligus meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Polres Belu yang mengedepankan satuann fungsi Binmas, menggelar operasi Bina Karuna Turangga 2019 selama 14 hari di seluruh wilayah kabupaten Belu dan Malaka, terhitung dari tanggal 15 s/d 28 Agustus 2019..

Berkaitan dengan operasi kewilayahan tersebut, satuan Binmas melalui anggota Bhabinkamtibmas, BRIPKA Stefanus Lendu , turun mengajak masyarakat binaannya untuk tidak membakar hutan dimusim kemarau karena tindakan tersebut akan merusak lingkungan.

Adapun warga yang rabu (27/8/19) pagi dikunjungi BRIPKA Stef adalah bapak Egedius Bere di RT.32, Wekatimun, kelurahan Umanen, kecamatan Atambua Barat, kabupaten Belu.

“Budaya masyarakat kita, sejak turun temurun bakar hutan untuk pertanian. Kalau tidak lewat imbauan, maka kebiasaan tersebut akan sulit hilang. Jadi masyarakat Kita imbau untuk ubah kebiasaan bakar dengan cara lain bila ingin buka lahan untuk bertani” kata Bhabin kepada Humas.

“Dan Kita juga sampaikan bahwa hutan juga berfungsi mencegah terjadinya bencana banjir dan tanah longsor yang mana hutan akan menyerap air-air yang melimpah. Kalau hutan gundul, tentu akan terjadi pemanasan global”lanjut Bhabin.

Imbauan yang disampaikan Bhabin, disambut positif oleh bapak Egedius Bere sekeluarga, yang berjanji tidak akan sembarangan membakar hutan dan juga lahan agar tetap lestari demi masa depan cucu mereka.

About admin

Check Also

Mediasi Kasus Salah Paham, BRIGPOL Yusran Selipkan Sosialisasi Operasi Bina Kusuma 2019

Anggota Bhabinkamtibmas Polres Belu BRIGPOL Yusran, melaksanakan mediasi kasus salah paham yang melibatkan warga di …