Kesiapan Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polres Belu Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Turangga 2020

Kesiapan Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polres Belu Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Turangga 2020

Dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2020 dan tahun baru 2021, Kepolsian Negara Republik Indonesia secara terpusat menggelar operasi Lilin 2020.

Berkaitan dengan kesiapan operasi tersebut, Kepolisian Resor Belu bersama instansi terkait, melaksanakan apel gelar pasukan di halaman Mapolres Belu, senin (21/12/2020).

Apel gelar pasukan pagi tadi pukul 08.00 wita, dipimpin Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si dengan Perwira apel, Kasat Lantas Polres Belu dan Komandan Apel, Kanit Laka Sat Lantas, IPDA I Nyoman Sukasada.

Membacakan amanat tertutlis Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si, Kapolres Belu mengungkapkan, perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat, secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.

"Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19"kata Kapolres Belu.

"Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi LiIin-2020 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19"lanjut Kapolres Belu.

Masih dalam amanatnya, Kapolres Belu mengimbau anggota kepolisian dan instansi terkait, untuk melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system.

"Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat"imbau Kapolres Belu.

"Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduii. jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbuikan klaster baru penyebaran Covid-19"tegas Kapolres Belu.

Apel gelar pasukan ini ditandai dengan pemeriksaan pasukan dan pemasangan pita secara simbolis kepada perwakilan oleh Inspektur Apel.

Hadir dalam apel gelar pasukan pagi tadi antara lain Dandim 1606 Belu Letkol Inf. Wiji Untoro, Wakapolres Belu, Kompol Herman Besie, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Belu, Johanes Andes Prihatin, SE, M.Si, para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran, Kasubdenpom IX/1-3 Atambua,  Pasi Ops Kodim 1605 Belu, para tokoh agama, insan pers serta tamu undangan lainnya.

Sementara barisan apel terdiri dari anggota Polres Belu, Kodim 1605 Belu, Subdenpom IX/1-3 Atambua, Disub kabupaten Belu, Sat Pol PP kabupaten Belu serta satu regu Senkom Polri. 

Untuk diketahui, Operasi Lilin Turangga 2020 dilaksanakan selama 15 hari, dimulai tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021.