Satgas Ops Bina Waspada Polres Belu Ajak Warga Lesepu Jauhi Radikalisme dan Taat Prokes

Satgas Ops Bina Waspada Polres Belu Ajak Warga Lesepu Jauhi Radikalisme dan Taat Prokes

Upaya dari Kepolisian Resor Belu dalam mencegah masuknya paham radikalisme dan anti pancasila di wilayah hukumnya, terus dilakukan selama operasi Bina Waspada Ranakah 2021.

Di hari ke 9 operasi, kamis (16/9/2021), anggota Satgas operasi yang dipimpin langsung Kasat Binmas Polres Belu, AKP Sutrisno Tulakoy turun memberikan penyuluhan tentang bahaya radikalisme kepada warga Lesepu, kelurahan Manumutin, Atambua.

Dengan membawa serta spanduk bertuliskan Cegah Paham Radikalisme, Kasat Binmas menjelaskan kepada warga apa itu gerakan radikalisme serta ancamannya terhadap keutuhan negara kesatuan republik Indonesia.

“Intinya disini kami berikan pemahaman kepada bapak, ibu dan adik-adik tentang aliran tertentu yang berusaha melakukan perubahan dan pembaharuan dengan menempuh cara-cara kekerasan di dalam mencapai tujuannya, seperti tindakan pengeboman, penculikan, perampokan, dan tindakan kriminal lainnya”kata Kasat Binmas.

“Tindakan seperti itu jelas bertentangan dengan nilai-nilai pancasila dan agama manapun tidak mengajarkan seperti itu. Untuk itu, Kami mengajak warga disini selalu buka wawasan dan jangan ragu-ragu memberikan info ke Kita kalau melihat kelompok tertentu yang memiliki paham menyimpang supaya dapat segera Kita tindak lanjuti”lanjut Kasat Binmas.

Penyuluhan ini disambut baik masyarakat. Mereka berjanji akan memberikan informasi bilamana menemukan warga/ suatu kelompok yang sesuai dengan apa yang sudah disampaikan, agar daerah yang mereka cintai tidak terkontaminasi dengan paham radikalisme dan anti pancasila.

Selain itu, anggota kepolisian juga mengajak masyaraat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah dengan selalu mengenakan masker dan tetap menjaga jarak dengan orang lain.

"Kami imbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan karena angka penderita covid-19 sudah mulai meningkat khususnya di kabupaten Belu ini"ungkap Kasat Binmas.

"Tetap pakai masker, jaga jarak, dan setiap hari minimal lakukan olahraga ringan biar tubuh selalu sehat.  Kalau Kita patuh dengan imbauan pemerintah, maka Kita tidak akan mudah tertular covid-19 yang hingga saat ini belum ada obatnya"tambah Kasat Binmas.

Selain imbauan prokes, Kasat Binmas dan anggota pada kesempatan tersebut membagikan masker secara gratis kepada masyarakat.

Dalam penyuluhan yang digelar dari pukul 09.00 wita hingga siang, Kasat Binmas turut didampingi Kasubbag Bin Ops Bag Ops, IPTU Rio Esteves dan KBO Sat Binmas, IPTU George Settu,

Untuk diketahui, Operasi Bina Waspada akan di helat selama  14  hari, dimulai dari rabu tanggal  8 s/d 21  September 2021.

Operasi ini digelar dalam  bentuk Operasi Pemeliharaan Keamanan dengan   mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif   dalam rangka Mencegah, Meminimalisir dan menanggulangi   berkembangnya Paham Radikalisme dan Anti Pancasila serta penyebaran covid-19.