Sapaan Adat Hingga Tradisi Pedang Pora Sambut Kedatangan Pejabat Baru Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak

Sapaan Adat Hingga Tradisi Pedang Pora Sambut Kedatangan Pejabat Baru Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak

Pasca resmi dilantik menjadi Kapolres Belu pada rabu 12 April 2023 kemarin oleh Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K, didampingi Istri Ny. Vonny Richo Simanjuntak, akhirnya tiba di tempat tugasnya yang baru.

Kedatangan Kapolres Belu dan istri yang juga Ketua Bhayangkari Cabang Belu di Mako Polres Belu, Jumat (14/4/2023) sekitar pukul 09.00 wita, disambut tiga tetua adat yang memberikan sapaan adat berupa tutur adat sebagaimana layaknya tuan rumah memberikan ucapan selamat kepada tetamunya.

Aksi tarian Likurai yang dibawakan para pelajar SMA swasta Taruna Mandiri Fatubenao turut mewarnai penyambutan Kapolres Belu dan Ketua Bhayangkari Cabang Belu di pintu gerbang Mako Polres Belu.

Masih di pintu gerbang Mako, Kapolres Belu dan Ketua Bhayangkari disambut dengan laporan situasi kamtibmas oleh Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP

Selanjutnya, Kapolres bersama istri disambut dengan pengalungan kain adat khas NTT dan buket bunga oleh pejabat lama Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.IK, dan istri Ny.Lydia Yosep.

Jajar kehormatan, Tradisi Pedang Pora dan bentangan karpet merah hingga loby mako turut mewarnai penyambutan Kapolres Belu dan istri.

Kedatangan orang nomor satu Polres Belu ini juga disambut para Kabag, Kasat, Perwira staf, Kapolsek dan Kapolsubsektor serta pengurus Bhayangkari, yang berbaris rapi dari gerbang Mako hingga di depan lobby Polres.

Usai acara penyambutan, kegiatan dilanjutkan dengan laporan kesatuan oleh Pejabat Lama, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K, kepada Pejabat Baru Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K yang digelar di aula Wira Satya lantai 2 Polres Belu.

Kegiatan Laporan kesatuan diikuti para pejabat utama Polres dan Kapolsek jajaran serta sejumlah Brigadir yang mengemban Jabatan Perwira.

Untuk diketahui, Jabatan Kapolres Belu resmi berpindah tangan, ditandai dengan upacara serah terima jabatan Kapolres Belu,Kapolres Manggarai Barat, Kapolres Alor, Kapolres Kupang, Kapolres Sumba Barat, Kapolres Manggarai dan Kapolres Lembata Polda NTT, Rabu (12/4/2023).

Pergeseran atau pengalihan tongkat komando Kapolres Belu ini, tertuang dalam surat telegram Kapolri tertanggal 27 Maret 2023.

Dalam surat telegram tersebut, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K, yang sebelumnya menduduki jabatan Kasubdit 2 Ditreskrimum Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dipercaya untuk memimpin Polres Belu menggantikan AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K yang mendapat promosi jabatan sebagai Wadir Lantas Polda NTT.