Baru Pulih dari Sakit Diabetes yang Dideritanya, BRIPKA Miguel Dos Santos Terharu Terima Tali Asih dari Kapolres Belu

Baru Pulih dari Sakit Diabetes yang Dideritanya,  BRIPKA Miguel Dos Santos Terharu Terima Tali Asih dari Kapolres Belu

BRIPKA Miguel Dos Santos, anggota Polsubsektor Ainiba Sektor Kakuluk Mesak, harus menerima kenyataan pahit setelah tungkai kaki kanannya di amputasi akibat penyakit diabetes Militus (sakit gula) yang dideritanya.

Menurut pihak dokter, jika tidak dilakukan amputasi dikhawatirkan luka yang ada pada organ diabetes akan semakin parah dan membahayakan kondisi bagian tubuh lainnya.

Kenyataan ini memantik rasa empati Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K dengan memberikan tali asih kepada BRIPKA Miguel disela kunjungan kerjanya di Polsek Kakuluk Mesak,jumat (25/2/2022) kemarin.

Usai memberikan arahan kepada seluruh personil Polsek Kakuluk Mesak, Kapolres Belu pun menghampiri BRIPKA Miguel yang saat itu juga hadir di tenda undangan dalam mengikuti kegiatan tatap muka bersama Kapolres Belu.

Kepada BRIPKA Miguel dan istri, Kapolres Belu berpesan agar tetap semangat, sabar dalam menjalani aktivitas sehari-harinya.

Orang nomor satu di Polres Belu ini mengapresiasi semangat dan dedikasi tinggi yang ditunjukkan BRIPKA Miguel dalam menjalankan tugasnya sebagai anggota Polri meski mengalami amputasi di tungkai kaki kanannya setahun yang lalu akibat sakit yang dideritanya.

"Hari ini Saya saksikan ada salah satu anggota Saya, rekan kerja kita yang masih punya semangat yang tinggi untuk bertugas. Walaupun baru sembuh dari sakit, tapi keinginan masuk kantor begitu tinggi"kata Kapolres Belu.

"Saya pribadi bersama keluarga mendoakan pak Miguel supaya tetap sehat, tetap disiplin mengikuti anjuran dokter supaya bisa sembuh total dari sakit Gulanya. Pokoknya harus tetap semangat dan bersyukur karena Tuhan masih sayang sama Pak Miguel dan memberikan nafas kehidupan setelah mengalami sakit yang bisa dikatakan parah"lanjut Kapolres Belu.

Sementara itu BRIPKA Miguel bersama isteri menyampaikan ucapan terimakasih atas kepedulian Kapolres Belu.

Harapannya dengan kepedulian yang diberikan pimpinannya tersebut, akan menambah motivasi untuk cepat pulih total dari sakit yang dideritanya dan lebih semangat dalam menjalankan tugasnya di wilayah hukum Polsek Kakuluk Mesak.

Untuk diketahui, Kapolres Belu didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Belu, Ny.Lydia Krisbyanto serta sejumlah pejabat utama dan pengurus cabang Bhayangkari tiba di Mapolsek Kakuluk Mesak pukul 13.10 WITA.

Kedatangan Kapolres Belu dan istri beserta rombongan disambut Kapolsek Kakuluk Mesak, IPTU Nurdin M.Tahir dan anggota serta Ketua Bhayangkari Ranting Kakuluk Mesak dan anggota.

Kunjungan kerja ini diisi dengan tatap muka Kapolres Belu bersama seluruh personil Polsek Kakuluk Mesak.

Dalam arahannya, Kapolres Belu menekankan kepada seluruh anggota Polsek untuk segera berubah  atau bertransformasi menuju Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilias dan Transparansi Berkeadilan) sesuai harapan Kapolri, Jenderal Polisi Drs.Sigit Prabowo, M.Si.

Dengan terus meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat dan menjaga kepercayaan masyarakat maka institusi Korps Bhayangkara kedepannya semakin dicintai dan dirindukan oleh masyarakat.

"Dewasa ini, kepolisian mau tidak mau harus melakukan perubahan, dimana dulu Promoter dan sekarang Presisi. Bagaimana kita menghadirkan Polisi yang prediktif, responsibilitas dan mampu melaksanakan semua secara transparan dan memenuhi rasa keadilan. Harapan daripada masyarakat, kita hadir ditengah-tengah mereka sebagai solusi bukan sebagai bagian masalah"ungkap Kapolres Belu.

"Jangan sampai hadirnya kita membuat mereka benci sama kita. Hindari perilaku arogan, menyakiti hati masyarakat apalagi terlibat langsung dalam setiap kesewenangan atau penyalah gunaan kewenangan terhadap masyarakat karena seperti itu akan cepat viral di media sosial. Kalau ada anggota yang berperilaku demikian, maka akan saya beri sanksi tegas kepada yang bersangkutan. Tapi Saya masih percaya Polsek Kakuluk Mesak ini diisi orang-orang baik dan memiliki semangat perubahan untuk mewujudkan semangat dari Presisi. Kalau konsep Pak Kapolri ini dijalankan dengan baik, Saya yakin Kita akan dicintai dan dirindukan masyarakat"pungkas Kapolres Belu.

Masih dalam arahannya, Kapolres Belu mengajak Kapolsek Kakuluk Mesak dan anggota dapat bekerja sama dalam mendukung program dari pemerintah yang pada tahun 2022 ini digencarkan untuk kemaslahatan masyarakat di tengah pandemi covid-19.

Program pemerintah yang dimaksud Kapolres Belu disini yakni terkait akselerasi vaksinasi covid-19 dan program bantuan tunai pedagang kaki lima, warung dan nelayan (BTPKLWN).

"Harapann bapak Presiden dan juga Pak Kapolri,  akhir maret ini pencapaian vaksinasi khususnya dosis 1 sudah mencapai 100 persen. Target ini tentu kita bisa capai kalau rekan-rekan di Polsek kompak bekerja sama dengan stakeholder di kecamatan Kakuluk Mesak. Disini ada Muspika dan rekan-rekan dari puskesmas, jadi ayo sama-sama Kita turun ke masyarakat yang belum vaksin agar segera mendapatkan vaksin." kata Kapolres Belu.

"kemudian adalah lagi Program terbaru pemerintah yakni bantuan langsung tunai untuk pedagang kaki lima, warung dan nelayan. Terima kasih rekan-rekan jajaran sudah turun mendata siapa-siapa yang layak untuk menerima bantuan tersebut. Setelah verifikasi kesesuaian data dilakukan, tugas kita selanjutnya adalah mengawal penyalurannya sehingga tepat sasaran dan tidak menemui kendala di lapangan"pungkas Kapolres Belu.

Diakhir arahannya, Kapolres Belu meminta kepada anggota Polsek Kakuluk Mesak agar selalu menjaga kesehatan, jauhi pelanggaran dan tetap kompak dalam aktivitas sehari-hari maupun dalam pelaksanaan tugas. 

Dalam kunjungan kerjanya ini, Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto dan istri, Ny.Lydia Krisbiyanto didampingi Kabag SDM, AKP Yunior T.M Duil, Plt.Kasubbag Bekpal Bag Log, AKP Filomena Bene Bere, SH dan anggota, Kasat Samapta, AKP I Ketut Setiasa, SH, Kasi Humas, IPDA Filomeno Soares, sejumlah pengurus cabang Bhayangkari Belu serta anggota Humas.