Uji Disiplin dan Kesiapan Personil Hadapi Dua Operasi, Propam Polres Belu Cek Sikap Tampang dan Surat-surat

Uji Disiplin dan Kesiapan Personil Hadapi Dua Operasi, Propam Polres Belu Cek Sikap Tampang dan Surat-surat

Kepolisian Resor Belu selama dua pekan kedepan, secara bersamaan menggelar operasi Patuh Turangga 2022 dan operasi Bina Kusuma Turangga 2022.

Kedua operasi kepolisian dengan tujuan dan sasaran yang berbeda ini, digelar secara bersama-sama terhitung, 13 juni 2022 sampai dengan 26 juni 2022.

Dan sebagai bentuk kesiapan dan disiplin personil dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, Kasi Propam, IPDA Agus Haryono, SH bersama anggota pada selasa (14/6/2022) pagi kemarin, melakukan pemeriksaaan sikap tampang anggota meliputi rambut, jenggot dan kerapian seragam dinas.

Selain itu, Seksi Propam yang juga didampingi Seksi Pengawasan Polres Belu, juga mengecek surat-surat yang dikantongi anggota antara lain KTP, SIM, STNK serta kartu tanda anggota (KTA)

Kepada awak media, Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K mengatakan, sebagai anggota Polri yang setiap saat bersentuhan dengan masyarakat, dituntut untuk selalu menjaga penampilan, mengantongi identitas diri dan juga Surat-surat yang dibutuhkan dalam berkendara.

"Saat ini jajaran Polda NTT menggelar 2 operasi yang dilaksanakan secara bersama-sama yakni patuh dan bina kusuma. Dimana operasi patuh bertujuan meningkatan disiplin masyarakat dalam berlalu-lintas serta mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas. Sementara Bina Kusuma sendiri bertujuan mencegah dan menanggulangi segala bentuk penyakit masyarakat"jelas Kapolres Belu.

"Tentunya kesiapan kita dalam operasi ini, salah satunya disiplin anggota. Jadi Kita ingin disiplin dimulai dari petugas yang diterjunkan ke lapangan. Jadi kalau masyarakat ditertibkan, maka petugas harus menjadi contoh tertib lebih dahulu. Kita suruh masyarakat disiplin, sementara anggota kita malah berbuat pelanggaran di jalan"tambah Kapolres Belu.

Selain mengecek kesiapan personil, pemeriksaan Penegakan, Ketertiban dan Disiplin (gaktiplin) ini kata Kapolres Belu, sebagai langkah mencegah berbagai bentuk pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh anggota Polri.

"Saya perintahkan Seksi Propam supaya kegiatan Gaktiplin harus terus digalakkan, tidak hanya bertepatan dengan operasi. Tujuannya untuk mencegah terjadinya pelanggaran disiplin serta mencegak kesiapsiagaan anggota dalam memberikan pelayanan masyarakat"terang Kapolres Belu.

"Kita tidak ingin, anggota turun ke masyarakat, surat-suratnya tidak lengkap, pakaiannya pucat, kusut, berewokan dan rambut tidak benar. Dan tadi Saya sudah perintahkan Kasi Propam, agar ditindak lanjuti angggota yang tidak disiplin dalam menjaga penampilan maupun kelengkapan surat-surat diri dan kendaraan"tutup Kapolres Belu.

Untuk diketahui, saat ini jajaran Polda NTT secara bersamaan menggelar dua operasi kepolisian dengan sandi Patuh Turangga 2022 dan Bina Kusuma Turangga 2022, yang akan berjalan selama 14 hari terhitung dari tanggal 13 s/d 26 juni 2022.

Operasi Patuh ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka pelanggaran dan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas serta patuh menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Sementara Operasi Bina Kusuma ini sendiri bertujuan mencegah sekaligus menanggulangi penyakit masyarakat terutama kenakalan remaja dan premanisme seperti mabuk-mabukkan, geng motor, jambret, penyalahgunaan narkoba, prostitusi dan lainnya, khususnya di wilayah kabupaten Belu.