Pimpin Pengamanan Kunjungan Paus Fransiskus di Timor Leste, Kapolres Belu Tegaskan Anggota Laksanakan Tugas Sesuai SOP dan Jangan Underestimate

Pimpin Pengamanan Kunjungan Paus Fransiskus di Timor Leste, Kapolres Belu Tegaskan Anggota Laksanakan Tugas Sesuai SOP dan Jangan Underestimate

Menjelang kunjungan Pemimpin Tertitnggi Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus di negara Timor Leste yang tinggal menghitung hari, Personil Polres Belu dan Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu melaksanakan apel pengecekan kesiapan pengamanan, sabtu (7/9/2024).

Apel pengecekan personel di lapangan Mapolres. dipimpin langsung Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K yang dihadiri para Kabag, Wadanyon A Pelopor Atambua, para Kasat, Danki Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Atambua, Kapolsek jajaran, Perwira Staf serta ratusan personil Polres Belu dan Brimob yang terlibat dalam pengamanan.

Dalam arahannya pagi tadi pukul 08.00 wita, Kapolres Belu mengatakan, apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan pasukan pengamanan, baik secara perorangan maupun sarana prasarana sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan secara aman, tertib dan lancar.

"Hari ini kita melaksanakan apel sebagai bentuk kesiapan kita di wilayah perbatasan dalam menjamin keamanan serta mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi saat pergeseran umat yang akan menuju ke TImor Leste untuk menghadiri misa kudus bersama Paus Fransiskus maupun kembali dari sana"ungkap Kapolres Belu.

"Pengamanan akan kita laksanakan selama 3 hari,mulai hari senin sampai rabu tanggal 11 september. Jadi pengecekan ini sangat penting, sehingga saat hari H kunjungan Paus di Timor Leste, personil maupun kendaraan bisa dilibatkan secara maksimal untuk pengamanan di pintu perbatasan maupun pengawalan umat dari Atambua menuju pintu perbatasan. Harapan Saya, kita manfaatkan kendaraan dinas jadi sebelum turun lapangan, wajib kita laksanakan apel di Polres"tambahnya.

Masih dalam arahannya, Kapolres Belu menegaskan seluruh personil pengamanan untuk bekerja secara profesional dan tidak underestimate (mengabaikan) situasi serta kondisi di lapangan sehingga seluruh pengamanan dapat dapat berjalan aman dan lancar.

"Untuk teknis pengamanan akan dipusatkan di beberapa titik antara lain di tempat kumpul umat di 2 titik yakni di Keuskupan Atambau dan Gereja Katedral Atambua.Dari informasi yang kita dapat bahwa umat akan mulai bergeser ke Timor Leste pada senin pukul 08.00 wita jadi sebelum jam 7 kita apel dulu di sini, setelah itu rekan-rekan bergeser ke lokasi pengamanan sesuai sprin yang sudah ada. Untuk rekan-rekan Brimob, teknis pengamanannya nanti akan dikendalikan langsung oleh Wadanyon dan Danki Brimob"kata Kapolres Belu.

"Kita tidak boleh underestimate, waspada terhadap potensi yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas karena umat yang berangkat ke Timor Leste cukup banyak. Untuk rekan-rekan ketahui, Bapak Kapolda NTT juga akan hadir di Belu memantau langsung situasi di PLBN Motaain sebagai jalur pelintasan 2 negara. Sekali lagi Saya minta rekan-rekan laksanakan tugas dengan tulus ikhlas dan tetap jaga keselamatan diri saat bertugas"pungkas Kapolres Belu.

Untuk diketahui, dalam pengamanan kunjungan Paus Fransiskus di Timor Leste, Kapolres Belu menerjunkan 200 personelnya yang melaksanakan pengamanan di sejumlah titik antara lain PLBN Motaain, Gereja Katedral Atambua, Keuskupan Nenuk Atambua, SPBU dan Pelabuhan Atapupu.

Selain itu, personel kepolisian juga dilibatkan dalam pengamanan route, melakukan pengawalan umat serta pengamanan di pintu-pintu perbatasan yang dianggap rawan terjadinya praktik pelintas batas ilegal.