Mulai di Salurkan, Yuk Simak Video Mekanisme Pemberian Bantuan Tunai untuk PKL, Warung dan Nelayan oleh Polres Belu

Mulai di Salurkan, Yuk Simak Video Mekanisme Pemberian Bantuan Tunai untuk PKL, Warung dan Nelayan oleh Polres Belu

Dalam rangka meringankan beban masyarakat di tengah pandemi covid-19, Kepolisian Resor Belu telah menindak lanjuti program pemerintah dengan menyalurkan Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan (BTPKLWN).

Penyaluran Bantuan Tunai sebesar Rp600 ribu untuk masing-masing penerima mulai tahap pertama hingga tahap ketiga, rabu (30/3/2022), dilaksanakan di depan Gerai Vaksin Klinik Pratama Polres Belu.

Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K mengatakan, bantuan tersebut merupakan program pemerintah dalam bentuk bantuan tunai kepada pedagang kreatif lapangan, warung dan nelayan (BTPKLWN), yang mekanisme penyalurannya melibatkan TNI-Polri, sebagai garda terdepan.

Orang nomor satu di Polres Belu ini menjelaskan, ketentuan sasaran penerima bantuan tersebut  berdasarkan pada data yang diverifikasi oleh personil Bhabinkamtibmas dilapangan dengan cara menggunakan aplikasi digital yakni aplikasi BTPKLWN PUSKEU PRESISI.

"Para calon penerima bantuan ini tentunya telah melalui proses pendataan Bhabinkamtibmas di lapangan seperti foto ktp, foto tempat usah yang dilanjutkan dengan verifikasi melalui aplikasi BTPKLWN PUSKEU PRESISI. Kalau nama calon penerima bantuan terdeteksi pernah menerima bantuan sosial (bansos) serupa pada waktu sebelumnya, maka secara otomatis akan ditolak oleh sistem. Data yang sudah terverifikasi oleh pusat akan dikirim kembali ke Polres Belu dan selanjutnya dari Kita akan memberikan undangan kepada yang bersangkutan pada waktunya dan akan diberikanan bantuan tunai tersebut."jelas Kapolres Belu.

“Saat penerimaan pun si penerima akan di foto dengan menunjukkan surat tanda terima uang dan foto tersebut akan di kirim / uploaad kembali sebagai bukti bahwa penyalurannya telah dilaksanakan dengan baik, akuntabel, tepat sasaran dan dapat di pertanggung jawabkan. Dan hingga hari ini, kami sudah menyalurkan sebanyak 383 orang dan Kalau tidak ada kendala, masuk april nanti akan kami genjot lagi penyalurannya sehingga secepatnya bisa mencapai target 100%"pungkas Kapolres Belu.

Simak Video Proses Pendataan Hingga Pemberian Bantuan Tunai untuk PKL, Warung dan Nelayan oleh Polres Belu