Sinergitas Sambut HUT Bhayangkara ke 77, Polsek Tasifeto Barat bersama TNI di Tapal Batas Kompak Kerja Bakti di Tempat Ibadah

Sinergitas Sambut HUT Bhayangkara ke 77, Polsek Tasifeto Barat bersama TNI di Tapal Batas Kompak Kerja Bakti di Tempat Ibadah

Menjelang hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023, Polres Belu melalui Polsek Tasifeto Barat (Tasbar) bersinergi dengan Koramil 1605-06 Halilulik dan Satgas Pamtas RI-RDTL Yon Raider Khusus 744/SYB, menggelar kerja bakti di sejumlah tempat ibadah, kamis (15/6/2023).

Sebelum turun ke lokasi, personil gabungan melaksanakan apel di Mapolsek Tasifeto Barat yang dipimpin Kapolsek Tasifeto Barat, IPDA Sam Ihim dan diihadiri anggota Polsek dan Koramil 1605-06 Halilulik.

Dari laporan yang diterima Humas pagi tadi, personil Polsek Tasbar dan Koramil Halilulik melaksanakan kerja bakti di tiga lokasi antara lain Gereja Paroki Roh Kudus Halilulik, Gereja GMIT Getsemani Halilulik dan Masjid Al- Ikhlas Halilulik.

Selain tempat ibadah di wilayah kecamatan Tasifeto Barat, personel Polsek melalui Pos Pam Laktutus juga melaksanakan kerja bakti di Gereja Paroki Hati Kudus Yesus Laktutus, kecamatan Nanaet Dubesi, kabupaten Belu.

Pelaksanaan kerja bakti di Gereja yang berbatasan langsung dengan Timor Leste tersebut juga diikuti personel Satgas Pamtas RI-RDTL Yon Raider Khusus 744/SYB, Camat Nanaet, Pastor Paroki Laktutus serta sejumlah masyarakat.

Kepada Humas, Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K melalui Kapolsek Tasbar, IPDA Sam Ihim mengungkapkan, kerja bhakti di empat tempat ibadah ini dilaksanakan pada waktu yang bersamaan dimana anggota sebelum berangkat, telah diatur dengan lokasi kerjanya supaya masing-masing anggota mempunyai tanggung jawab ditempat yang telah ditentukan.

“Menyambut HUT Polri tahun ini, kami bersama rekan-rekan TNI menjaga sinergitas dan kekompakan kami dengan menggelar baksos berupa kerja bakti di tempat ibadah. Sebelum berangkat ke lokasi, anggota baik dari Polsek, Satgas Pamtas dan juga Koramil kita atur dengan lokasi kerjanya supaya masing-masing anggota mempunyai tanggung jawab ditempat yang telah ditentukan"ungkap Kapolsek.

"Dalam kerja bakti di empat tempat ibadah tadi, Kami membersihkan halaman depan, samping maupun belakang tempat ibadah. Rumput-rumput yang tinggi langsung dicabut, sampah-sampah yang berserakan memenuhi halaman, dipungut lalu di buang ditempat sampah dan ada juga yang langsung dibakar. Dan kita juga membenahi sisa-sisa material bangunan yang memenuhi pelataran tempat ibadah supaya tempat ibadah terlihat lebih rapi dan bersih"tambah Kapolsek.

Lebih lanjut, mantan Kaur Bin Ops Narkoba Polres Nagakeo ini menuturkan, kegiatan tersebut sebagai upaya menciptakan rasa kebersamaan TNI Polri dengan masyarakat, serta bertujuan memberikan kenyamanan untuk umat saat beribadah.

“Baksos yang kita laksanakan ini sebagai wujud silaturahmi kita sekaligus mempererat hubungan antara TNI Polri dan masyarakat khususnya di wilayah hukum Polsek Tasifeto Barat. Karena prinsip Kita, TNI Polri adalah bagian dari masyarakat dan sebaliknya masyarakat adalah bagian dari TNI Polri” tututr Kapolsek Tasbar.

"Selain itu juga, tujuan daripada kerja bakti ini untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah. Dengan lingkungan yang bersih, tentu masyarakat bisa lebih merasa nyaman dan tercipta ketenangan dalam beribadah"pungkas Kapolsek.

Kegiatan kerja bakti tersebut mendapat apresiasi positif dari masyarakat salah satunya adalah Wawan, warga Halilulik yang ikut kerja bakti di Masjid Al-Ikhlas Halilulik.

“Terima kasih kepada TNI Polri di Halilulik yang sudah kompak dan peduli dengan kebersihan di lingkungan kami khususnya di kompleks Masjid ini. Harapan kami, semoga silaturahmi dan toleransi akan selalu terjaga dalam setiap kesempatan” kata Wawan.