Kapolda NTT Dampingi Kegiatan Kunjungan Kerja Menkopolhukam dan Mendagri di Perbatasan RI-RDTL

Kapolda NTT Dampingi Kegiatan Kunjungan Kerja Menkopolhukam dan Mendagri di Perbatasan RI-RDTL

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Hamidin mendampingi kegiatan kunjungan kerja menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI, Mohammad Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian di kabupaten Belu, yang berbatasan dengan negara RDTL Timor Leste, kamis (18/6/2020).

Kedatangan dua Menteri Kabinet Indonesia Maju beserta rombongan, pukul 10.30 WITA melalui jalur udara, disambut Asdep Koordinasi Wilayah Perbatasan dan Tata Ruang Pertahanan, Staf Ahli Bidang SDM dan Teknologi, Kepala Bidang Tata Ruang Pertahanan, Kepala Bidang Wilayah Perbatasan Karo Ops Polda NTT, Bupati Belu dan istri serta Forkopimda Plus kabupaten Belu.

Dari Bandara A.A Bere Tallo Atambua, Menkopolhukam dan Mendagri beserta rombongan, langsung menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, desa Silawan, Kec.Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

Karo Ops Polda NTT, Kombes Pol Ulami Sudjaja, SH selaku penanggung jawab pengamanan mengatakan, kunjungan perdana kedua menteri tersebut  di Kabupaten Belu dalam rangka memantau langsung kondisi perbatasan Indonesia-RDTL (Timor Leste).

Selain ke PLBN lanjut Karo Ops, Rombongan Menko Polhukam dan Mendagri bertolak menuju Kantor Bupati Belu dengan agenda bertatap muka dan memberikan arahan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN), camat, lurah dan kepala desa se-Kabupaten Belu.

"Ini agenda yang sangat penting bagi pengembangan perekonomian di kawasan Belu yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Dan bapak Kapolda NTT turut mendampingi untuk memastikan situasi dalam keadaan aman terkendali"kata Karo Ops.

"Sesuai dengan round down yang kita terima sebelumnya, fokus pengamanan Kita di Belu yakni di PLBN, Keuskupan Atambua dan kantor Pemda Belu,termasuk di Bandara. Diperkirakan sore hari selesai dan rombongan langsung kembali ke kupang"tambah Karo Ops.

Untuk menjamin keamanan dan kelancaran kunjungan kerja kedua menteri tersebut, Kapolres Belu, AKBP Cliffry S.Lapian, S.I.K menambahkan, pihaknya bersama instansi terkait, akan bersinergi secara aktif dengan melakukan pengamanan dan pengawalan setiap pergeseran rombongan.

"Untuk pengamanan ini sendiri, kami (Polres Belu) diidukung penuh anggota Polda NTT, Kodim 1605 Belu, serta unsur pengamanan lainnya, dengan melaksanakan pengamanan terbuka dan tertutup. Tiap-tiap simpul jalan yang dilalui rombongan, Kita isi juga dengan anggota pengamanan"kata Kapolres Belu.

"Dan setiap pergeseran rombongan, akan dikawal anggota pengamanan mulai dari Bandara hingga kembali ke Bandara untuk kepulangan.Ini menjadi atensi langsung dari bapak Kapolri dan Kapolda NTT, sehingga Kita akan betul-betul esktra keras menjamin kegiatan berjalan dengan aman dan lancar"pungkas Kapolres Belu.

Hingga berita ini diturunkan, Menkopolhukam dan Mendagri beserta rombongan, berada di kawasan PLBN Motaain untuk melangsungkan sejumlah agenda kerjanya disana.