Jumat Curhat Akhir Tahun, Kapolres Belu Minta Warga Tetap Jaga Kamtibmas di Suasana Nataru dan Pemilu 2024

Jumat Curhat Akhir Tahun, Kapolres Belu Minta Warga Tetap Jaga Kamtibmas di Suasana Nataru dan Pemilu 2024

Guna semakin mendekatkan diri sekaligus mendengar langsung suara warga di wilayah hukumnya, Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K, menggelar dialog bersama masyarakat  RT 018, RW 005, Kelurahan Manumutin, Kecamatan Kota Atambua, kabupaten Belu.jumat (22/12/2023).

Dialog bertajuk Jumat Curhat Akhir Tahun Bersama Kapolres Belu ini, turut dihadiri para Kasat dan Perwira Staf Polres Belu, Camat Atambua Kota, Lurah Manumutin serta anggota Polres Belu.

Hadir juga Ketua RT.18 dan Ketua RW 05 kelurahan Manumutin sejumlah tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta masyarakat Haliwen.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Belu mengatakan kegiatan jumat curhat ini untuk meningkatkan silaturahmi dan untuk menerima masukan serta segala aspirasi yang ada di tengah masyarakat.

"Jadi kedatangan kami ini tidak hanya bersilaturahmi, tapi Kami juga ingin mendengar secara langsung saran, masukan dan keluhan dari bapak ibu yang ada di kelurahan Beirafu ini. Saran masukan yang diberikan sangat penting bagi kami dalam rangka kami menciptakan kamtibmas yang aman sekaligus perbaikan kinerja kami kedepannya"kata Kapolres Belu.

"Saya mengajak bapak ibu yang hadir disini untuk kita bersama menjaga situasi kamtibmas diwilayah masing - masing apalagi sebentar lagi kita merayakan Natal dan tahun baru. Ketika ada kejadian kami mohon diberitahukan secara cepat karena Polisi hanya manusia biasa. Apabila terjalin kerjasama Polri dengan seluruh elemen masyarakat, maka yang menjadi halangan dalam pelaksanaan tugas terkait kamtibmas, akan cepat diselesaikan dengan baik serta dapat Kita minimalisir”tambah Kapolres Belu.

Masih dalam jumat curhat tersebut, Kapolres Belu mengimbau warga untuk selalu waspada akan banjir, longsor maupun pohon tumbang.

Menurutnya, bencana alam yang kini marak terjadi di berbagai wilayah adalah contoh yang harus disikapi masyarakat dengan ekstra waspada menghadapi cuaca akhir-akhir ini.

“Seperti yang Kita tahu, beberapa hari terakhir ini curah hujan dimana-mana begitu meningkat. Tadi barusan kami mengevakuasi pohon yang tumbang di beberapa titik akibat hujan angin. Jadi, Saya minta bapak ibu, kalau lagi hujan angin sebaiknya mengurungkan niat untuk bepergian kecuali ada urusan yang tidak bisa ditunda" imbau Kapolres Belu.

“Kemudian juga, kalau sampai ada banjir, sebaiknya segera evakuasi ke tempat yang aman sebelum kita jadi korban. Sebelum terjadi, masyarakat perlu Kami imbau supaya lebih waspada dan tidak anggap enteng dengan situasi yang ada”pungkas Kapolres Belu.

Pada kesempatan tersebut, Ketua RT 018 menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Belu bersama jajarannya yang aktif merespon setiap persoalan masyarakat terkait Kamtibmas serta selalu memberi pelayanan yang prima pada setiap event maupun kegiatan masyarakat.

Dirinya juga meminta Kapolres dan jajarannya untuk mempertebal anggota Polri dilapangan menjelang perayaan tahun baru karena dikuatirkan perayaan tutup tahun kerap terjadi mabuk-mabukan dan balapan liar.

Menanggapi apa yang disampaikan warga, Kapolres Belu berjanji akan mempertebal personelnya di titik-titik rawan kamtibmas sehingga perayaaan malam tahun baru dapat berjalan dengan aman, nyaman dan tertib.

"Untuk skema pengamanan tahun baru sudah kami siapkan seperti tahun-tahun sebelumnya, Dan yang menjadi perhatian utama kami adalah titik dimana berkumpulnya masyarakat seperti lapangan umum, pasar, pertokoan dan jalan-jalan"ungkap Kapolres Belu.

"Kami bersama rekan-rekan TNI, Brimob dan pemerintah serta instansi lainnya, akan bersinergi menjaga kabupaten Belu ini tetap aman sebelum, selama dan sesudah pergantian tahun. Kami akan bersinergi melaksanakan patroli dan ada masyarakat yang bikin ulah maka akan kami tindak tegas"pungkas Kapolres Belu.