Cegah Peningkatan Kasus Covid-19, Sat Tahti Polres Belu Ganti Besuk Tahanan dengan Video Call

Cegah Peningkatan Kasus Covid-19, Sat Tahti Polres Belu Ganti Besuk Tahanan dengan Video Call

Mencermati trend kenaikan kasus covid-19 di wilayah propinsi NTT, Polri khususnya Polres Belu, terus melakukan terobosan agar pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan di tengah merebaknya wabah Covid-19. Salah satunya dengan meniadakan jam besuk di rumah tahanan (rutan) Polres Belu.

Hal ini dibenarkan Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K melalui Kasat Perawatan Tahanan dan Barang Bukti (Tahti,) IPDA Ilham di ruang kerjanya pagi tadi, selasa (8/3/2022).

Kasat Tahti menambahkan, sebagai gantinya, jam besuk digantikan dengan panggilan video call melalui aplikasi whatsapp sehingga hak tahanan dan keluarganya (pembesuk) tetap terpenuhi.

“Dengan mempertimbangkan perkembangan kasus covid-19 yang dari hari ke hari semakin meningkat, maka kami mengeluarkan kebijakan dengan meniadakan jam besuk tahanan untuk sementara waktu. Surat pemberitahuan atau imbauan ini mulai berlaku hari ini, selasa 8 maret dan telah kami pasang di penjagaan dan di area rutan Polres Belu. Sampai kapan berlakunya kita menunggu perintah lebih lanjut dari Pimpinan kita dan yang pasti peniadaan jam besuk tahanan ini sebagai langkah mencegah peningkatan kasus covid-19 "jelas Kasat Tahti.

"Namun sebagai gantinya, jam besuk akan kita ganti dengan video calll, sehingga hak tahanan untuk dibesuk tetap terpenuhi. Tentunya ketentuan ini menyesuaikan dengan jadwal besuk tahanan yakni setiap hari selasa dan kamis dari pukul 09.00 wita-pukul 12.00 wita. Kita juga sudah mendata nomor telepon anggota keluarga yang bisa dihubungi untuk melakukan video calll. Jadi untuk komunikasi nanti diatur oleh piket jaga tahanan ” pungkas Kasat Tahti.