Samperin Warga Saat Patroli Malam, Polsek Tasifeto Barat Imbau Soal Kamtibmas dan Prokes Covid-19

Samperin Warga Saat Patroli Malam, Polsek Tasifeto Barat Imbau Soal Kamtibmas dan Prokes Covid-19

Sejak munculnya wabah covid-19, Polres Belu dan jajarannya hingga saat ini aktif menyampaikan imbauan dan edukasi tentang protokol kesehatan kepada masyarakat.

Salah satunya kembali datang dari anggota Polsek Tasifeto Barat yang turun memberikan imbauan kepada masyarakat di seputaran dusun Raidikur, desa Naitimu, Kec.Tasifeto Barat, Kab. Belu, senin (7/5/2021).

Dalam patroli dialogisnya sekitar pukul 22.00 WITA, piket SPKT 3 Polsek Tasifeto Barat, mengimbau sekelompok pemuda yang ditemuinya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu mengenakan masker dan tidak berkerumun jauh malam.

Lebih lanjut, anggota Polsek juga mengajak masyarakat untuk selalu mencuci tangan pakai sabun, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas serta mengkosumsi makanan yang sehat untuk meningkatkan imun tubuh.

Kepada Humas, Kapolsek Tasifeto Barat, IPTU Muardi mengatakan, Imbauan tersebut dilaksanakan pihaknya guna mendisiplinkan masyarakat terkait protokol kesehatan sehingga aman dari penyebaran virus corona atau covid-19.

"Sampai saat ini covid-19 belum mereda. Seperti yang kita simak di pemberitaan televisi dan juga media sosial, masih banyak yang dirawat di RS bahkan ada yang meninggal dunia hampir setiap hari karena virus tersebut. Oleh karenanya kami minta masyarakat tetap pakai masker, jaga jarak dan tetap jaga kesehatan dengan baik "kata Kapolsek.

"Imbauan ini terus menerus Kita lakukan karena Kita melihat masyarakat sudah mulai tidak pakai masker dan masih berkerumun dengan tidak menjaga jarak. Kalau masyarakat tetap disiplin maka penerapan adaptasi kebaisaan baru dapat berjalan dengan baik. Covid-19 nya jauh dan masyarakat tetap sehat serta pemulihan ekonomi berjalan baik,”pungkas Kapolsek.

Dalam patroli tersebut, pihaknya kata Kapolsek, juga mengimbau warga untuk membantu Polri menjaga kamtibmas dan menjauhi perbuatan melanggar hukum.

“Intinya tetap jaga kamtibmas, tidak berbuat hal-hal yang melanggar hukum. Sesama tetangga harus selalu rukun, kalau ada masalah, sebaiknya diselesaikan dengan baik, tidak boleh ada kekerasan ataupun main hakim sendiri”kata Kapolsek Tasifeto Barat.

“Kemudian anggota Kita juga ingatkan, kalau ada gangguan kamtibmas seperti perkelahian atau ada yang membuat keributan, tolong segera lapor ke Kita biar dengan cepat dittindak lanjuti sehingga persoalan tidak menjadi panjang dan besar”pungkas Kapolsek. 

Mantan Kasat Tahti Polres Belu ini juga mengatakan, pihaknya mengimbau warga untuk memperhatikan kondisi rumah secara baik, jangan sampai hal ini dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan. 

“Kita imbau warga supaya sebelum tidur malam, periksa juga pintu jendela, pastikan sudah terkunci supaya jangan memberi kesempatan kepada orang lain untuk melakukan niat jahatnya”kata Kapolsek.

"Kemudian barang-barang berharga seperti sepeda motor sebaiknya diparkir didalam rumah. Terus juga periksa kondisi dapur, pastikan kompor sudah dimatikan supaya terhidar dari kebakaran. Itu yang disampaikan ke warga biar tidak terjadi hal-hal yang tidak inginkan"pungkas Kapolsek.