Setelah Ikut Panen Perdana, Kapolres Belu kembali Hadir Beri Bantuan Alat Pertanian untuk Kelompok Tani Veteran Binaan Polsek Tasbar

Setelah Ikut Panen Perdana, Kapolres Belu kembali Hadir Beri Bantuan Alat Pertanian untuk Kelompok Tani Veteran Binaan Polsek Tasbar

Kapolres Belu AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjutak S.I.K baru-baru ini tepatnya Jumat(22/09/23) kemarin, melakukan panen raya perdana tomat di kebun pertanian veteran Binaan Polsek Tasifeto Barat di Km.16 jalan imor Raya, dusun Leoruas, desa Bakustulama, kecamatan Tasifeto Barat (Tasbar),kabupaten Belu.

Usai mengikuti panen perdana secara simbolis, Kapolres Belu yang didampingi para pejabat utama Polres, Kapolsek Tasifeto Barat dan anggota, di tempat yang sama menggelar jumat curhat bersama kelompok tani veteran dan sejumlah masyarakat setempat.

Dalam jumat curhat tersebut, Kapolres Belu mendapat banyak masukan dan keluhan terutama listrik dan air bersih.

Merespon keluhan tersebut, Kapolres Belu bersama rombongan tidak menunggu waktu lama, langsung turun melihat dan memenuhi keluhan dua orang warga terkait listrik dengan menginstalasi dua unit meteran listrik dengan daya 900 watt.

Selepas panen perdana yang dirangkai dengan jumat curhat, Kapolres Belu pada selasa 26/9/2023, kembali mengunjungi kelompok tani veteran di kantor markas cabang LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) kabupaten Belu, Km.16 jalan imor Raya, dusun Leoruas, desa Bakustulama.

Kedatangan Kapolres Belu yang didampingi Wakapolres, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP dan Kapolsek Tasbar, IPDA Sam Ihim mengejutkan para kelompok tani veteran binaan Polsek Tasbar.

Yang lebih mengejutkan buat mereka, kehadiran Kapolres Belu tidak sekedar bersilaturahmi tapi membawa bantuan untuk kelompok tani berupa alat pertanian.

Bantuan alat pertanian berupa satu unit hand traktor dan 50 pcs cangkul (pacul), diserahkan Kapolres Belu kepada Ketua DPC LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) Kabupaten Belu, Stefanus Atok Bau.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Belu mengajak warga agar selalu bahu-membahu dan bekerja sama mengingat saat ini harga beras sedang melonjak naik sehingga gotong royong sangat diperlukan.

"Saya harap alat pertanian yang diserahkan hari ini dapat membantu atau mempermudah kelompok tani yang ada ini untuk bisa bekerja maksimal dan selalu bahu – membahu dalam bekerja sama dengan alat pertanian yang kita datangkan hari ini karena saat ini kita sedang menghadapi masalah harga beras yang melonjak naik, maka dari itu gotong royong sangat diperlukan"Ungkap Kapolres Belu.

"Dan tolong setelah ini nanti dirawat dengan baik agar usia pakai menjadi lebih lama. Sekiranya nanti ada apa-apa agar disampaikan kepada Bhabinkamtibmas untuk bisa segera kami tindak lanjuti. Semoga bermanfaat dan menjadi berkah bagi kita semua”harap Kapolres.

Sementara Ketua DPC LVRI cabang Belu sekaligus tokoh masyarakat setempat menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada Kapolres yang telah berkenan membantu menyediakan alat alat pertanian.

Mewakili seluruh anggota Veteran Kabupaten Belu, Dirinya sangat mengapresiasi semua terobosan Kapolres yang selalu turun langsung turun bertemu masyarakat baik itu siang maupun malam dan setiap persoalan masyarakat selalu direspon dan dipenuhi, tidak sekedar janji semata.

"Kami baru melihat ada seorang Kapolres yang seperti ini dan baru pertama kali ada di Kabupaten Belu ini juga. Begitu masyarakat minta langsung di bantu salah satunya seperti listrik yang saat itu masyarakat minta pada siang hari saat kunjungan Kapolres disini lalu sorenya langsung dipasang meteran listrik"ungkap Ketua LVRI.

"Jumat kemarin juga yang dikeluhkan seperti pacul saat itu, lalu hari ini datang bukan hanya pacul (cangkul) tetapi justru yang dibawa juga satu unit hand traktor untuk kelompok tani binaan Polsek Tasbar ini dan sangat luar biasa. Kami tidak bisa membalas semua kebaikan bapak ini, tetapi kami akan selalu mendoakan agar sehat selalu demi melayani masyarakat Belu. Karena masih banyak yang mengharapkan uluran tangan bapak."tambah Stefanus Atok.

Kepada awak media yang hadir, Kapolres Belu mengungkapkan, apa yang dilakukannya sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Polri terhadap masyarakat sejalan dengan program Kapolri dalam rangka wujudkan Ketahanan Pangan Nasional sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

"Pemberian alat alat pertanian ini,menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan dan harapan petani di kebun veteran Binaan Polsek Tasifeto Barat pada kegiatan Jumat Curhat beberapa waktu lalu. Dan apa yang berikan hari ini sebagai langkah dukungan kami Polres Belu terhadap gagasan dari Pak Kapolri, yang mana Beliau ingin mewujudkan Polri yang peduli akan masyarakat terutama petani dalam rangka mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional sesuai instruksi Presiden"ungkap Kapolres Belu.

"Harapan kami, barang yang sudah ada ini dimanfaatkan secara baik dengan mengolah lahan tidur sehingga menjadi sesuatu yang produktif yang tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan rumah tangga tapi bisa untuk dipasarkan yang nantinya dapat memperbaiki perekonomian keluarga"harap Kapolres Belu.