Pastikan Kesiapan Anggota Jelang Pengamanan Natal, Kapolres Belu Cek Pos Pam dan Pos Terpadu Lilin 2020

Pastikan Kesiapan Anggota Jelang Pengamanan Natal, Kapolres Belu Cek Pos Pam dan Pos Terpadu Lilin 2020

Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si, turun melakukan pengecekan pos pengamanan (pos pam) dan pos terpadu Lilin Turangga di seputaran kota Atambua, rabu (23/12/2020).

Didampingi Wakapolres, KOMPOL Herman Bessie serta sejumlah pejabat utama, Kapolres Belu mengecek pos pam yang berlokasi di depan Gereja Kathedral Atambua.

Dari pantauan Humas pagi tadi pukul 10.00 WITA, Kapolres Belu mengecek jumlah personil PAM, sarana pendukung Pos Pam serta memberikan arahan untuk penunjang pelaksanaan tugas dilapangan.

Dalam arahan singkatnya, mantan Kapolres Sumba Barat ini mengimbau personil Pam agar betul-betul melaksanakan tugas secara baik sehingga pelaksanaan Ops Lilin dapat berjalan dengan aman dan lancar,seperti tahun-tahun sebelum-sebelumnya.

Arahan serupa juga disampaikan Kapolres Belu kepada personil yang melaksanakan pengamanan di pos terpadu simpang lima Atambua.

"Tadi Saya dan juga Pak Waka tekankan ke Perwira Pengendalinya supaya atur anggota dengan baik. Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan sesuai SOP"kata Kapolres Belu.

"Dan yang paling utama, selalu memperhatikan Protokol kesehatan dan utamakan pendekatan persuasif serta humanis ketika melaksanakan tugas"pungkas Kapolres Belu.

Terkait pengamanan operasi Lilin ini, Kapolres Belu menjelaskan, selain simpang lima, pihaknya juga menyediakan 2 (dua) pos pam masing-masing di gereja Kathedral dan Polycarpus, 1 (satu) pos pam terpadu di simpang lima dan 3 (tiga) pos pelayanan yakni di Bandara, pelabuhan Atapupu dan PLBN Motaain.

Penempatan pos di titik-titik tersebut kata Kapolres, agar lebih mudah melayani masyarakat, bilamana ada gangguan kamtibmas selama perayaan Natal 2020 dan tahun baru 2021, termasuk arus mudik dan wisata yang tentunya akan meningkat dibanding hari-hari biasa.

”Seluruh Posnya sudah berdiri dan masing-masing pos ditempati anggota yang dipimpin oleh Perwira. Didalamnya (pos pam) kita lengkapi buku mutasi, Peta geografi demografi, peta maping kerawanan daerah serta kendaraan bermotor.” urai Kapolres Belu.

"Dan sengaja Kita bangun pos di titik-titik tersebut, untuk lebih mudah memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya yang melaksanakan ibadah serta meminimalisir kecelakaan lalu lintas dan munculnya klaster baru covid-19"pungkas Kapolres Belu.

Untuk diketahui, saat ini Polri bersama segenap jajaran TNI dan stakeholders terkait lainnya, menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Lilin 2020.

Operasi Lilin ini sendiri dilaksanakan selama 15 hari, dimulai tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021.