Siaga Bencana Alam, Kapolres Belu bersama Dandim Cek Kesiapan Peralatan Tanggap Darurat Bencana

Siaga Bencana Alam, Kapolres Belu bersama Dandim Cek Kesiapan Peralatan Tanggap Darurat Bencana

Kepolisian Resor Belu bersama TNI dan instansi terkait, melaksanakan Apel gelar pasukan dalam rangka antisipasi secara dini bahaya bencana alam dan kontijensi tahun 2022 di wilayah Kabupaten Belu, jumat (25/11/2022).

Apel gelar pasukan ini dipimpin Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K dengan Perwira Upacara, Kasubbag Kerma Bagian Operasi, IPTU Mikael Mali dan Pama Polres Belu, IPDA Fransisko Coreia D. Santos.

Usai pelaksanaan apel, Kapolres Belu bersama Dandim 1605 Belu, Letkol A.rh Suhardi S. T serta didampingi Pejabat Utama dan tamu undangan yang hadir, melakukan pengecekan sarana prasarana Milik Polres Belu beserta unsur terkait dalam rangka antisipasi bencana alam.

Dalam persiapan ini, personel Polri bersama unsur Basarnas, BPBD Belu serta dinas kesehatan, menyiapkan peralatan penyelamatan seperti alat potong beton, besi, gergaji mesin, kendaraan taktis crane, ambulance, lampu emergency, perahu boat, perlengkapan selam.dan melakukan simulasi penggunaan peralatan tersebut.

Kepada awak media, Kapolres Belu mengungkapkan, kesiagaan personel dan pengecekan peralatan harus dilakukan, sehingga saat terjadi bencana, semua komponen sudah siap.

"Tidak hanya petugas, tetapi juga peralatan pendukung dengan pengoptimalkan potensi yang ada. Untuk itulah apel dan persiapan peralatan ini digelar, yakni memantapkan sinergitas semua pihak yang diharapkan dapat digunakan dan diimplementasikan untuk mempercepat penanganan tanggap darurat bencana,” jelas Kapolres Belu.

“Terlepas itu semua, Kita berharap semoga tidak terjadi bencana alam di wilayah NTT khususnya di Kabupaten Belu. Namun apabila bencana itu terjadi, kita sudah memiliki kesiapan yang memadai untuk menghadapinya,” pungkas Kapolres Belu.

Apel gelar pasukan pukul 08.00 wita, dihadiri Dandim 1605 Belu, Wakapolres Belu, yang mewakili Kepala dinas Kesehatan Kab. Belu, yang mewakili kepala dinas Sosial Kab. Belu, yang mewakili Kepala BPBD Kab.Belu, Kasat Pol PP Kab.Belu, Kepala Koordinator Pos Siaga SAR Atambua, para Kabag, Kasat serta Perwira Staf Polres Belu, Danki 3 Yon A Pelopor Atambua, Pasi ops Kodim 1605 Belu serta para Kapolsek Jajaran Polres Belu.

Sementara peserta apel terdiri dari barisan Kodim 1605/Belu, Kompi 3 Yon A Pelopor Atambua, Sat Samapta, Sat Reskrim, Sat Lantas, Sat Pol PP Belu, relawan sosial / Tagana (Taruna Siaga Bencana) dan SAR Kab.Belu, Gabungan BPBD dan dinas kesehatan Kab. Belu.