Tegakkan Aturan dari Dalam, Propam Polres Belu Gelar Operasi Gaktiplin

Tegakkan Aturan dari Dalam, Propam Polres Belu Gelar Operasi Gaktiplin

Sebagai langkah menguji kedisiplinan anggota, Seksi Propam Polres Belu menggelar kegiatan penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktiplin), selasa (8/02/2022).

Usai pelaksanaan apel pagi pukul 08.00 wita, Kasi Propam IPDA Mahrim, SH dan anggota, melakukan pemeriksaan anggota Polri dan ASN meliputi rambut dan jenggot, atribut Polri, surat-surat seperti KTP, SIM, STNK, KTA dan pemeriksaan senjata api genggam jenis revolver beserta kartunya (pemegang senpi).

Kegiatan pemeriksaan yang berlangsung di lapangan apel, dipantau langsung Wakapolres Belu, KOMPOL Fajar Virgantara, S.I.K, para Kabag, Kasat serta sejumlah Perwira Staf Polres.

Sesuai pantauan Humas pagi tadi, masih ditemukan sejumlah anggota yang melanggar disiplin Polri, baik sikap tampang maupun penggunaan atribut Polri.

Kepada Humas, Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K mengungkapkan, sebagai anggota Polri yang setiap saat bersentuhan dengan masyarakat, dituntut untuk selalu menjaga penampilan, mengantongi identitas diri dan juga Surat-surat yang dibutuhkan dalam berkendara.

Kedisiplinan yang ditunjukkan oleh aparat itu sendiri, agar tidak memunculkan citra negatif di hati masyarakat dimana Polisi selaku pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kita ingin disiplin dimulai dari dalam. Oleh karena itu Saya perintahkan Seksi Propam supaya secara mendadak gelar ops Gaktiplin. Kita tidak ingin, anggota turun ke masyarakat, pakaiannya pucat, kusut, berewokan dan rambut tidak benar. Kalau Kita menjaga penampilan, orang yang melihat juga akan senang” kata Kapolres Belu.

“Sesuai laporan yang Saya terima dari Kasi Propam, ada beberapa anggota yang rambutnya tidak sesuai aturan dan gondrong, langsung diperintahkan segera mencukur. Kalau sudah laksanakan, laporkan hasilnya di Kasi Propam. Dan tadi Saya sudah perintahkan Kasi Propam, agar pemeriksaan seperti ini kita lakukan secara continue, tidak saja di Polres tapi juga di Polsek agar semua personel lebih mentaati aturan”pungkas Kapolres Belu.