Setelah di Hadiahi Pasar UMKM Atasi Kemacetan, Para Pedagang di Halilulik dapat Bangku dan Terpal Gratis dari Kapolres Belu

Setelah di Hadiahi Pasar UMKM Atasi Kemacetan, Para Pedagang di Halilulik dapat Bangku dan Terpal Gratis dari Kapolres Belu

Setelah puluhan tahun menantikan tempat yang layak dalam mengais rejeki, akhirnya para pedagang bisa tersenyum manis dan bernapas lega setelah Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K menghadirkan terobosan dengan menghadirkan pasar UMKM dengan menggunakan lahan Polsek Tasifeto Barat.

Pasar yang hadir setiap hari kamis ini, kini kondisi arus lalu lintas terpantau ramai lancar dan tanpa kemacetan. Para Pedagang kaki lima saat ini bersyukur karena yang dahulunya berjualan di bahu jalan, sekarang menempati lokasi baru yang disiapkan kepolisian persis di samping kantor Polsek Tasifeto Barat.

Selain mendapatkan tempat yang layak untuk berjualan, para pedagang yang berasal dari tiga kabupaten yakni kabupaten Belu, TTU dan Malaka, kembali mendapat berkah dari Polres Belu berupa sarana untuk berjualan di pasar.

Sarana berjualan berupa terpal dan tempat duduk (bangku kecil), diserahkan langsung oleh Kapolres Belu kepada para pedagang di pasar UMKM Polsek Tasifeto Barat, kamis (14/9/2023) pagi tadi.

Kunjungan sekaligus Penyerahan tali asih untuk pedagang di pasar UMKM ini turut dihadiri Wakapolres, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, para pejabat utama Polres, Kapolsek Tasbar dan anggota serta ratusan personel Polri dan ASN Polri.

Sambil memberikan tali asih, Kapolres Belu bersama anggota melakukan dialog dengan para pedagang untuk mendengar curahan hati masyarakat pasca menempati pasar UMKM yang didirikan kepolisian akhir agustus kemarin.

Dari pantauan Humas di lapangan, para pedagang maupun sopir pick up pengangkut barang pada umumnya berterima kasih kepada Kapolres Belu dan jajaran, yang telah menyediakan UMKM pasar halilulik.

”Kami sangat senang dengan tempat baru ini karena hasil jualan kami dapat dikunjungi para pembeli tanpa dilewati lagi seperti sebelumnya. Kami sekarang bisa julalan dengan tenang dan tidak takut macet, tidak takut lagi kalau tiba-tiba ada kendaraan yang tabrak kami di bahu jalan” Ungkap Mery salah satu pedagang sayuran di pasar UMKM.

"Saya secara pribadi dan mewakili teman-teman semua menyampaikan limpah terima kasih semoga diberi kesehatan dan berkat yang berlimpah untuk Bapak Kapolres Belu serta Kapolsek Tasfieto Barat bersama anggotanya yang sudah membantu kami pedagang kecil terutama di pasar UMKM Polsek halilulik ini”lanjutnya.

Sementara Manuel salah seorang sopir mobil Pick up kepada Kapolres Belu mengatakan, kurang lebih dua minggu terlihat ramai lancar dan bebas hambatan kemacetan terutama bagi pengguna jalan lainnya.

Manuel juga menambahkan, ramai lancar arus kendaraan di pasar Halilulik ini karena pemindahan penjual dari pinggir jalan ke pasar UMKM Polsek Tasifeto Barat.

"Saya selaku pengguna jalan berterima kasih kepada pihak kepolisian khususnya Polres Belu dan Polsek Tasbar yang berhasil mengatasi kemacetan di pasar Halulik ini. Kami sekarang parkir kendaraan sudah tertib karena dari Polsek menyediakan lahan untuk kami parkir dan dengan sendirinya tidak ada macet seperti yang dulu-dulu" terangnya.

Selain memberikan tali asih, Kapolres Belu kepada awak media mengungkapkan, kehadiran dirinya bersama anggota di pasar UMKM, adalah untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat sekaligus melihat dari dekat permasalahan yang dialami oleh masyarakat.

"Pagi hari ini Saya ajak seluruh anggota apel di Polsek Tasbar dan kemudian kami sama-sama turun melihat dari dekat pasar.Halilulik yang puluhan tahun selalu dihiasi kemacetan. Dan seperti yang semua saksikan, arus lalu lintas kini lancar setelah adanya pasar UMKM yang kita dirikan baru-baru ini. Saya ingin anggota melihat secara langsung bahwa apa yang kita upayakan bisa membawa kenyamanan untuk masyarakat"kata Kapolres Belu.

"Dan Saya juga menyampaikan ke anggota untuk berdialog dengan para pedagang. Cari tahu apa kendala mereka dan sampaikan ke saya sehingga kita bisa mencarikan solusinya. Puji Tuhan para umumnya para pedagang merasa senang dengan adanya terobosan kita yang sudah 2 minggu ini berjalan dengan lancar"pungkas Kapolres Belu.