Kunjungi BPBD hingga Damkar, Upaya Satgas Deteksi Ops Bina Karuna Polres Belu Satukan Komitmen Cegah Karhutla

Kunjungi BPBD hingga Damkar, Upaya Satgas Deteksi Ops Bina Karuna Polres Belu Satukan Komitmen Cegah Karhutla

Kepolisian Resor Belu dan jajarannya didukung instansi terkait serta mitra kamtibmas lainnya, selama dua pekan kedepan menyelenggarakan operasi “Bina Karuna Turangga 2023” yang akan dilaksanakan mulai tanggal 28 agustus sampai dengan 10 september 2023.

Guna memantapkan komitmen dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Satgas Deteksi Ops Bina Karuna Polres Belu di hari kedua operasi turun menjallin silaturahmi dengan sejumlah stakeholder yang ada di kabupaten Belu, selasa (29/8/2023).

Bergerak dari Mapolres Belu sekitar pukul 09.30 wita, Kasat Intelkam, IPTU Imanuel Lado, ST selaku Kasatgas Deteksi Ops Bina Karuna, didampingi sejumlah anggota mendatangi kantor Unit Siaga SAR Atambua,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belu dan terakhir mendatangi kantor pemadam kebakaran (Damkar).

Dalam kunjungannya tersebut, Kasat Intelkam mengajak seluruh stakehoder tersebut untuk bekerja sama dengan kepolisian dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

"Kegiatan ini untuk mempererat tali silaturahmi, koordinasi serta kerjasama dalam mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Belu ini. Bagaimana nantinya kita merespon dan langkah – langkah apa yang harus dilakukan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan apabila terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan mengingat situasi akhir – akhir ini sering terjadi kebakaran khususnya kebakaran yang terjadi di hutan Produksi Udukama dan Wematan (Hutan Jati Nenuk)"ungkap Kasat Intelkam.

"Kami juga menyarankan kepada unsur-unsur terkait yang kita temui tadi untuk kiranya kita dapat melakukan rapat koordinasi sehingga masing – masing pihak dapat mengetahui peran dan fungsinya masing – masing dengan tujuan jika sewaktu – waktu terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan masing – masing stakeholder dapat menanggapi dengan cepat dan tepat sesuai fungsi dan perannya masing – masing"lanjut Kasat Intelkam.

Lebih lanjut, Kasat Intelkam mengatakan langkah koordinasi yang dilakukannya disambut baik oleh Pihak BPBD, SAR dan juga Damkar, yang sepakat akan mendukung dan membantu Polri dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla di wilayah Kabupaten Belu.

"Kepala Unit Siaga SAR,  Kepala Bidang Pemadam Kebakaran serta Kabid Darurat dan Logistik dan Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Belu menyambut positif kedatangan kami pagi tadi. Mereka menyambut baik dan siap membantu apabila dibutuhkan sewaktu – waktu"ungkap mantan Panit 5 Subdit 4 Ditintelkam Polda NTT.

"Mereka juga sepakat untuk melakukan Rakor lintas Stekholder sehingga ke depannya masing – masing stakeholder bersinergi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Bencana Alam di wilayah Kabupaten Belu"tutup Kasat Intelkam.