Kesiapan Jelang Tahapan Inti Pemilu 2024, Polres Belu dan Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Latihan Sispamkota

Kesiapan Jelang Tahapan Inti Pemilu 2024, Polres Belu dan Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Latihan Sispamkota

Kepolisian Resor Belu bersama Kompi 3 Batalyon A Pelopor Brimob Atambua, menggelar latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), jumat (6/10/2023).

Latihan yang dilaksanakan dilapangan umum Atambua usai apel pagi di Mapolres, dihadiri langsung Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K, Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, para Kabag, Kasat serta Perwira Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor.

Hadir juga para Kapolsek jajaran, Perwira Staf serta anggota Polres dan Brimob yang terlibat dalam latihan simulasi Sispamkota.

Berdasarkan pantauan Humas, skenario pada latihan menjelang simulasi ini, mengisahkan tentang pelaksanaan tahapan Kampanye dimana terjadi penyanderaan atas juru kampanye kemudian dilanjutkan dengan skenario tahapan pencoblosan, masa tenang pemilu hingga demo yang dilakukan oleh massa di depan kantor KPU yang menolak hasil pemilu Presiden dan Wakil Presiden dan menuntut digelarnya pemungutan suara ulang.

Kapolres Belu bersama Wakapolres, Kabag SDM dan Kasat Reskrim Menyaksikan jalannya latihan simulasi Sispamkota

Usai kegiatan, Kapolres Belu mengatakan, simulasi sispamkota yang merupakan salah satu rangkaian dari operasi Mantap Brata 2024 ini diharapkan dapat dijadikan kesiapan anggota jika menghadapi situasi yang tidak terduga selama pelaksanaan tahapan pemilihan umum 2023-2024.

'“Simulasi yang digelar nanti sifatnya untuk mengetahui kesiapan anggota dan peralatan dalam menghadapi konflik yang mungkin timbul dalam tahapan Pemilu, baik saat kampanye ataupun saat pemungutan suara"kata Kapolres Belu saat mengambil apel di lapangan umum Atambua.

"Kita harapkan dengan latihan yang kita lakukan hari ini, masing-masing anggota mengerti apa yang menjadi tugasnya, bagaimana menjalin koordinasi antar satgas, rekan-rekan dari Brimob, TNI dan penyelenggara Pemilu. Dan kemudian bagaimana koordinasi dan komunikasi pada saat menerima informasi dan arahan dari para pimpinan yang berada di lapangan"lanjut Kapolres Belu.

Dengan adanya persiapan yang matang, Kapolres Belu menegaskan, seluruh personel kepolisian, TNI dan pihak terkait lainnya mampu menciptakan pengamanan yang optimal demi suksesnya pesta demokrasi tahun 2024.

"Jadi mudah-mudahan, ini semua tentunya bisa memberikan persiapan kita dalam pengamanan yang akan kita laksanakan karena Pengamanan Pemilu Serentak adalah kehormatan dan kebanggaan, karena sama nilainya dengan menjaga keutuhan bangsa atau menjamin terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat"tutup Kapolres Belu.