Selama Dua Hari, Kapolres Belu Pimpin Langsung Pengamanan Kunjungan Kerja Menteri Pertahanan RI di wilayah Tapal Batas

Selama Dua Hari, Kapolres Belu Pimpin Langsung Pengamanan Kunjungan Kerja Menteri Pertahanan RI di wilayah Tapal Batas
Kapolres Belu, AKBP Richo N.D Simanjuntak, S.I.K menyambut kedatangan Menteri Pertahanan RI, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto dan rombongan di Bandara A.A Bere Tallo Atambua, minggu (3/9/2023)

Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K memimpin langsung pengamanan kunjungan kerja Menteri Pertahanan RI, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto dan rombongan di kabupaten Belu.

Sebelum rombongan Menhan RI tiba minggu (3/9/2023) siang harinya, seluruh aparat Polres Belu dan Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu, pada pagi harinya pukul 08.00 wita melaksanakan apel kesiapan pengamanan di lanjutkan dengan menempati beberapa titik jalan dan lokasi sesuai rute yang akan di lewati dan dikunjungi oleh Menhan RI beserta Rombongan.

Dalam apel kesiapan pengamanan tersebut, Kapolres Belu meminta seluruh personil pengamanan untuk mewaspadai segala potensi ancaman kamtibmas yang bisa saja muncul saat kunjungan kerja Menhan RI beserta rombongan di Kabupaten Belu.

Dirinya meminta seluruh personil pengamanan untuk bekerja secara profesional dan tidak underestimate (mengabaikan) situasi serta kondisi di lapangan sehingga keberadaan Menhan RI dan rombongan selama 2 hari di kabupaten Belu dapat berjalan aman dan lancar.

"Untuk rekan-rekan ketahui, Menhan RI berrsama rombongan akan berada di Belu hari ini hingga besok. Dalam kegiatan pengamanan selama 2 hari nanti, saya minta rekan-rekan jangan underestimate dan mengabaikan perintah Saya serta situasi dan kondisi di lapangan. Karena apabila terjadi kesalahan dan kekeliruan yang terjadi di dalam tugas pengamanan, akan berdampak besar bagi nama baik Instituasi, bangsa dan negara" tegasnya.

"Laksanakan tugas sesuai SOP dan intinya keberhasilan dalam pengamanan adalah komunikasi. Saya minta teman-teman saling berkomunikasi begitu juga pengambilan keputusan harus komunikasi dengan saya. Dan saya minta kita bekerja Ikhlas karena disini keberhasilan tergantung dengan cara bertindak kita dilapangan"pungkas Kapolres Belu.

Kapolres Belu memimpin apel kesiapan pengamanan yang dihadiri personel Polres Belu dan Brimob Atambua

Tiba menggunakan jet pribadi, kedatangan Menhan RI dan rombongan minggu siang sekitar pukul 12:05 Wita. disambut Bupati Belu, Wakil Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Warek IV Unhan RI, Danrem 161/Ws, Dekan Laksma, Danlantamal VII Kupang serta Danlanud Eltari Kupang.

HadIr Juga menyambut Menhan RI dan rombongan antara lain Kapolres Belu beserta Forkopimnda Plus kabupaten Belu, Wakil bupati TTU, Danden Pom Kupang, Ketua Forum Komunikasi Pembela Timor – Timur, Danki Kikav KKA, Dan Subdenpom IX/1-3 Atambua serta

Dari bandara, Menhan RI bersama rombongan beristirahat sejenak di tempat penginapan kemudian melanjutkan agenda kerjanya dengan berziarah ke TMP Seroja Haliwen dan dilanjutkan dengan kunjungan kerjanya ke Kampus Unhan RI Benboi di Desa Fatuketi, Kakukuk Mesak, kabupaten Belu,

"Ada 2 lokasi yang menjadi pusat agenda kerja beliau yakni berziarah ke TMP Seroja untuk mengenang 48 Tahun jasa para pahlawan yang gugur di Timor Timur dan meninjau Fakultas Vokasi Unhan. Di kampus Unhan, Beliau menyaksikan pertunjukan gerakan dasar bela diri dan atraksi tenaga dalam oleh tim bela diri Merpati Putih mahasiswa Politeknik serta Display Drum Band oleh Drum Band Canka Praditya Wiratama UNHAN RI Ben Mboy. Selain meninjau Fakulttas, Beliau juga bermalam disana"pungkas Kapolres Belu.

Guna menjamin keamanan dan kelancaran kunjungan kerja Menhan RI di Belu, Kapolres Belu mengatakan, pihaknya menyikapi secara baik dengan melaksanakan pengawalan, pengamanan di Bandara, lokasi acara serta route yang dilalui rombongan.

"Untuk pengamanan ini sendiri, kami (Polres Belu) didukung jajaran Polsek dan Sat Pol Airud serta rekan-rekan dari Brimob, melaksanakan pengamanan terbuka dan tertutup. Setiap pergeseran rombongan, dikawal anggota pengamanan mulai dari Bandara, Haliwen, Fakultas Unhan dan kembali lagi ke Bandara untuk kepulangan" kata Kapolres Belu.

"Pengamanan route juga Kita lakukan dimana anggota dari Polres dan Poslek Kita tempatkan di titik-titik yang rawan macet. Puji Tuhan, seluruh rangkaian kegiatan mulai minggu kemarin hingga keberangkatan beliau hari ini ke ke Pulau Moa, Provinsi Maluku, berjalan aman dan lancar"tutup Kapolres Belu.