Matangkan Kesiapan Pengamanan Pemilu, Polres Belu Gelar Latihan Pra Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024

Matangkan Kesiapan Pengamanan Pemilu, Polres Belu Gelar Latihan Pra Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024

Dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu, Kepolisian Resor Belu menggelar latihan pra operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024, selasa (10/10/2023).

Kegiatan ini ditandai dengan Apel pembukaan Latihan Pra Operasi Mantap Brata Turangga yang dipimpin langsung Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K dengan peserta apel terdiri dari para Kabag, Kasat, Perwira Staf, Kapolsek jajaran serta anggota Brigadir Polres Belu.

Dalam sambutan singkatnya, Kapolres Belu mengimbau seluruh anggota khususnya yang terlibat dalam latihan pra operasi, untuk betul-betul melaksanakan latihan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) masing-masing.

"Saya minta rekan-rekan wajib mengerti siapa berbuat apa dan bertanggung jawab pada siapa. Yang sudah di tunjuk nantinya harus paham apa yang harus dilakukan dan bekerja sesuai tupoksi dengan tetap saling bersinergi dengan rekan dari instansi lain sehingga tahapan demi tahapan Pemilu dapat kita lalui, berjalan dengan aman dan lancar "imbau Kapolres Belu.

Apel pembukaan yang dilaksanakan pagi sekitar pukul 08.00 wita di lapangan Mapolres juga ditandai dengan penyematan kartu tanda peserta pelatihan oleh Kapolres Belu kepada perwakilan dari Satuan Samapta dan Satuan Reskrim Polres Belu.

Usai apel, latihan pra operasi dilanjutkan dengan kegiatan pembekalan dan Tactical Wall Game (TWG) yang berlangsung di aula Wira Satya lantai 2 Polres Belu.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 wita ini dibuka Kabag SDM Polres Belu, KOMPOL Yunior T.M Duil, dilanjutkan dengan Paparan dari Kasat Intelkam Polres Belu terkait dengan potensi kerawan yang akan terjadi pada saat berlangsungnya Pemilu pada tahun 2024.

Selain Kasat Intelkam, kegiatan pembekalan untuk peserta latihan pra operasi ini juga disampaikan oleh Kasat Samapta, Danki Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu, Kaur Bin Ops Sat Lantas serta Kanit Pidum Sat Reskrim.

Peserta latihan juga menyimak Paparan dari Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH terkait rencana operasi mantap Brata turangga 2023-2024 Polres Belu dalam rangka PAM Pemilu 2023-2024 yaitu yang berkaitan dengan Kampanye Pemilu, pendistribusian Logistik, Masa Tenang, pemungutan suara, perhitungan / rekapitulasi suara, penetapan hasil pemilu 2024 dan pelantikan.

Selain memaparkan rencana operasi mantap Brata, Kabag Ops juga membawakan Materi Latihan Tactical Wall game (TWG) tentang Penanganan apabila terjadi kontijensi terkait Pemilu 2024.

Latihan Pra operasi yang dilaksanakan hingga sore hari ini dihadiri Kasatres Narkoba, Kasat Binmas, Kasi Humas, Kasi Propam, para Kapolsek jajaran, Perwira Staf, perwakilan Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu serta Brigadir Polres yang terlibat dalam latihan pra operasi.