Polres Belu Terima Kunjungan Kerja Tim Wasrik Itwasda Polda NTT Tahap II TA 2022

Polres Belu Terima Kunjungan Kerja Tim Wasrik Itwasda Polda NTT Tahap II TA 2022
Kapolres Belu (berdiri) ikut memantau jalannya kegiatan Wasrik Tahap II di aula Wira Satya

Tim Itwasda ( Inspektorat Pengawasan Umum Daerah) Polda NTT, dipimpin KOMBES Pol. Robert A. Sormin, S.I.K melakukan kunjungan kerja ke Mapolres Belu, senin (10/10/2022).

Kedatangan Tim dalam rangka Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Rutin Tahap II di Mapolres Belu, disambut Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K, Wakapolres, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP serta pejabat utama Polres.

Saat membuka kegiatan di aula Wira Satya Polres Belu, Ketua Tim, Kombes Pol. Robert A. Sormin menyampaikan, kedatangan timnya bukan untuk mencari-cari kesalahan atau kekurangan, tetapi untuk melakukan pembinaan dan pengarahan terkait kinerja yang selama ini telah dilakukan oleh Polres Belu selama tahun 2022 berjalan.

“Kita datang disini bukan untuk mencari masalah dan mencari-cari kesalahan tapi lebih kepada memberikan solusi yang terbaik supaya Polres jajaran dapat benar-benar melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan apa yang direncanakan dalam program kerja tahun ini”kata Ketua Tim.

“Saya juga minta rekan-rekan Perwira disini untuk bantu Kapolresnya Karena kemungkinan tahun depan akan ada kunjungan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Jangan sampai dalam pengelolaan anggaran, ada temuan yang bersifat atensi"tambah Ketua Tim.

Ketua Tim didampingi Kapolres Belu saat membuka kegiatan Wasrik Itwasda Tahap II T.A 2022

Dari pantauan Humas pagi tadi pukul 09.00 wita, usai sambutan dari Ketua Tim, Tim wasrik berjumlah 5 (lima) orang ini melakukan pengecekan ke Bagian, Satuan fungsi dan Seksi sesuai dengan yang termuat dalam kisi-kisi dari Itwasda Polda NTT yang sebelumnya di bagikan untuk dipenuhi/di jawab oleh masing-masing Bag dan Satuan fungsi.

Kapolres Belu menuturkan, Pemeriksaan oleh Tim Wasrik Itwasda Polda NTT direncanakan akan dilaksanakan selama dua hari terhitung senin sampai dengan selasa (11/10/2022) Bespk.

Pemeriksaan lanjut Kapolres Belu, meliputi aspek pelaksanaan dan pengendalian antara lain tentang pembinaan personil (sumda), penyerapan anggaran keuangan terkait pelaksanaan Operasi-operasi Kepolisian yang sudah dilaksanakan, bintibmas, binpolmas, bhabinkamtibmas, penanganan & penyelesaian tindak pidana (reskrim).

"Pemeriksaan juga meliputi penanganan anggota Polri yang melakukan tindak pidana (P3d), pelaksanaan MOU dengan jasa pengguna anggaran, penerbitan SKCK, giat dikmas lantas dan dukungan sarana prasarana Polri (bagian logistik) serta lainnya sesuai dengan yang termuat dalam kisi-kisi yang telah dibagikan sebelumnya. Saya tekankan kepada para Kabag, Kasat, Kasi maupun para operator dari tiap fungsi agar ikuti Wasrik ini dengan baik. Apa yang menjadi arahan/petunjuk tim, dicatat dan ditindak lanjuti sehingga kesalahan-kesalahan yang didapati tahun ini, tidak terulang lagi atau didapati di tahun yang mendatang”lanjut Kapolres Belu.

Dalam kunjungan kerjanya di Polres Belu, Ketua Tim, KOMBES Pol. Robert A. Sormin didampingi KOMPOL Albert Y.Ndun, SH, AKP Anas, IPDA Fitri Yuliana Lao, SH dan BRIPTU Putu Yonathan Wira Kusuma.