Libas Sungai dan Jalan Terjal, Polres Belu bersama TNI dan Stake Holder Gelar Patroli Jelajah Tapal Batas RI-RDTL

Libas Sungai dan Jalan Terjal, Polres Belu bersama TNI dan Stake Holder Gelar Patroli Jelajah Tapal Batas RI-RDTL

Personil Polres Belu bersama jajaran TNI dan Stake Holder kabupaten Belu, menggelar patroli jelajah tapal batas RI-RDTL, sabtu (15/1/2022).

Patroli jelajah tapal batas yang turut di ramaikan Komunitas Belu Trail Club (BTC) ini,  dipimpin Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM, Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K, Dandim 1605/Belu,Letkol Inf.Wiji Untono, Dansatgas Pamtas RI – RDTL Yonif 743/PSY Letkol Inf.Andi Lulianto serta Danyonif RK 744/ SYB Letkol Inf Yudhi Yahya.

Mengambil titik star di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur, kelurahan Umanen Atambua, pukul 07.00 wita, rombongan jelajah tapal batas menggeber sepeda motor menyisir wilayah kecamatan Tasifeto Timur hingga Lamaknen Selatan, perbatasan RI-RDTL.

Setelah makan siang bersama di Pos Fohuk desa Henes, Kecamatan Lamaknen, peserta jelajah tapal batas TNI Polri dan stake holder, melanjutkan etape kedua yakni dari Pos Fohuk menuju Pos Kewar, Pos Dilomil dan menutup etape kedua di Pos Turiskain Satgas Pamtas Yon 743/PSY, desa Maumutin, Kec.Raihat, Kab.Belu.

Dari Pos Turiskain, rombongan jelajah tapal batas melanjutkan etape terakhir dengan menuju Pos Nunura dan menuju garis finish yakni di alun-alun kota Atambua.

Meskipun menemui jalan terjal, bebatuan bahkan harus melibas sungai, tak menghalangi semangat Bupati Belu bersama petinggi TNI Polri di Belu ini dalam melaksanakan patroli, memantau situasi kamtibmas di wilayah yang langsung berbatasan dengan negara Timor Leste.

Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K saat ditemui awak media usai kegiatan patroli mengatakan, patroli bersama tersebut bertujuan memberikan jaminan rasa aman dan memastikan situasi kabupaten Belu khususnya di wilayah perbatasan dalam keadaan kondusif..

Selain itu, kegiatan tersebut tambah Kapolres Belu, sebagai bentuk sinergitas dan kekompakan TNI Polri bersama seluruh stake holder yang ada di kabupaten Belu.

"Patroli ini sifatnya dialogis, intinya untuk memberikan jaminan rasa aman dan memastikan situasi di wilayah tapal bats dalam keadaan kondusif. Kali ini (patroli) di gagas sama pak Dansatgas, Letkol Inf.Andi, sebagai bentuk sinergitas dan kekompakkan TNI Polri dan stake holder yang selama ini telah dirawat dengan baik "kata Kapolres Belu.

"Dan hasil pengamatan Kami dilapangan, masyarakat baik yang dikota maupun di pedesaan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, semuanya beraktivitas seperti biasa baik itu di pasar, di kebun dan tempat lainnya. Situasi secara umum aman terkendali"pungkas Kapolres Belu.

Jelajah tapal batas ini turut diikuti oleh Kepala Bea Cukai Atambua, anggota DPRD Belu serta anggota TNI Polri dan sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam komunitas Belu Trail Club (BTC).