Cipta Kondisi di Pekan Suci Paskah, Polres Belu Bareng Kodim 1605 Gelar Patroli Gabungan di Pusat Kota dan Gereja

Cipta Kondisi di Pekan Suci Paskah, Polres Belu Bareng Kodim 1605 Gelar Patroli Gabungan di Pusat Kota dan Gereja

Menjelang perayaan pekan suci paskah tahun 2021, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si, memimpin langsung patroli gabungan TNI Polri di wilayah tapal batas RI-RDTL, kamis (1/4/2021).

Patroli gabungan di tengah ibadah misa pertama kamis putih pagi tadi,diikuti Dandim 1606 Belu yang diwakili Kasdim 1605 Belu Mayor inf. Ery Nono, Wakapolres, KOMPOL Fajar Virgantara Syarifuddin,S.I.K, Kabag Sumda, Kabag Ops, Kasat Binmas, Kasubbag Dal Ops, Kasi Propam serta KBO Sat Samapta.

Berangkat dari Mapolres sekitar pukul 09.30 wita, Kapolres Belu bersama rombongan menyisir pusat kota dan sejumlah Gereja Katolik yang ada di kota Atambua.

Adapun gereja-gereja yang pagi tadi disambangi tim patroli gabungan antara lain gereja Katedral, gereja Polycarpus, gereja Paroki St. Agustinus Fatubenao, gereja St.Petrus Tukuneno Lolowa dan gereja Kuneru Atambua.

“Patroli cipta kondisi ini intinya untuk memberikan jaminan rasa aman dan memastikan situasi Atambua dan wilayah di perbatasan dalam keadaan kondusif di tengah perayaan Pekan Paskah. Dan hasil pengamatan Kami dilapangan, situasi secara umum aman terkendali” kata Kapolres Belu.

"Harapan Kami dan juga rekan-rekan TNI, situasi kondusif seperti ini akan terus terjaga hingga minggu Paskah nanti. Masyarakat betul-betul menjaga kamtibmas dan mematuhi protokol kesehatan, baik saat perayaan ibadah maupun saat beraktivitas sehari-hari"pungkas Kapolres Belu.

Selain memastikan keamanan dan penerapan protokol kesehatan di Gereja, Kapolres Belu didampingi Kasdim, Wakapolres dan pejabat utama Polres, mengecek kesiapan anggota TNI Polri dan Sat Pol PP yang melaksanakan tugas di pos pengamanan terpadu operasi Semana Santa Ranakah 2021.

Dalam arahan singkatnya, mantan Kapolres Sumba Barat ini mengimbau personil Pam di Gereja Katedral dan Polycarpus Atambua, agar bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas dan tetap meningkatkan kewaspadaan diri dari ancaman teroris maupun gangguan kamtibmas lainnya.

"Tadi Saya, pak Kasdim dan juga Pak Waka tekankan ke Perwira Pengendalinya supaya atur anggota dengan baik. Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan sesuai SOP yang ada. Jangan kita underestimate dengan situasi yang landai-landai karena ancaman kamtibmas bisa muncul kapan saja"pesan Kapolres Belu.

"Dan yang paling utama juga, selalu memperhatikan Protokol kesehatan dan utamakan pendekatan persuasif serta humanis ketika melaksanakan tugas"pungkas Kapolres Belu.