Home / BERANDA / Pimpin Rapat Anev, Kapolres Belu Minta Bhabinkamtibmas Lakukan Mapping Potensi Kerawanan Saat Pilkades

Pimpin Rapat Anev, Kapolres Belu Minta Bhabinkamtibmas Lakukan Mapping Potensi Kerawanan Saat Pilkades

Dalam rangka melakukan pengawasan, pengendalian dan penilaian kinerja anggota Bhabinkamtibmas secara periodik, Kepolisian Resor Belu melalui Satuan Fungsi Binmas, kembali menggelar rapat analisa dan evaluasi (anev) Bhabinkamtibmas , rabu (9/1/19).

Kegiatan anev yang berlangsung di aula lantai 2 Wira Satya pukul 09.00 WITA, dipimpin langsung Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing, S.I.K.,M.H.,M.Si yang dihadiri Kasat Binmas, IPTU Filomena Bene Bere, SH, Kaur Bin Ops Sat Binmas, AIPTU Gaspar Manit serta seluruh anggota Bhabinkamtibmas.

Saat membuka kegiatan tersebut, Kapolres Belu meminta para bhabinkamtibmas untuk berperan aktif mengawal kegiatan sebelum, selama dan sesudah pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di daerah tempat para bhabin bertugas.

“Ada sejumlah wilayah di kecamatan yang saat ini sedang melaksanakan Pilkades. Untuk itu, tugas rekan-rekan adalah memonitor setiap pelaksanaan tahapan Pilkades mulai dari penjaringan calon, pengurusan administrasi, kampanye hingga pemungutan suara”kata Kapolres Belu.

“Terus juga rekan-rekan harus melakukan pemetaan wilayah. Kira-kira Kerawanan apa saja yang nanti akan terjadi, sehingga sedari awal Kita mencegah gangguan yang bisa muncul saat pilkades nanti”lanjut Kapolres Belu.

Masih dalam arahannya, Kapolres Belu yang didampingi Kasat Binmas, meminta seluruh anggota Bhabinkamtibmas yang berjumlah 80 orang tersebut, untuk selalu pro aktif turun ke masyarakat.

“Tugas pokok Bhabin adalah sambang ke masyarakat. Misalnya ada pesta, diundang atau tidak diundang pun, perlu kita hadir sekaligus memberikan imbauan kamtibmas. Kalau pestanya malam, ingatkan tuan pesta agar acaranya cukup sampai jam 12 malam karena kalau pestanya semakin larut, berpotensi muncul gangguan kamtibmas”kata Kapolres Belu.

“Kemudian saat door to door dengan masyarakat, berikan no.HP kita kepada aparat desa/kelurahan, para tokoh dan masyarakat yang dikunjung sehingga apabila terjadi gangguan kamtibmas, masyarakat tidak susah untuk menghubungi Polisi dan dengan sendirinya masyarakat akan mencintai Polisi” lanjut Kapolres.

Menutup arahannya, Kapolres Belu berterima kasih kepada anggota Bhabinkamtibmas yang sudah mampu berinovasi dan berharap kepada yang belum bisa menyalurkan ide kreatifnya, agar kedepan mencontohkan apa yang sudah dilakukan oleh rekannya, tentunya berinovasi sesuai dengan skill yang dimilikinya.

About admin

Check Also

Turun ke 32 Desa di kabupaten Belu, Ratusan Polres Belu Amankan Pilkades Tahun 2019

Hari ini, Rabu 16 Oktober 2019, masyarakat di 32 desa di kabupaten Belu,  melaksanakan pemungutan …