Tegas, Kapolres Belu AKBP Khairul Saleh Tarik Puluhan Senjata Api dari Anggota, Ini Alasannya

Tegas, Kapolres Belu AKBP Khairul Saleh Tarik Puluhan Senjata Api dari Anggota, Ini Alasannya

Untuk menguji kedisiplinan anggotanya, Kepala Kepolisian Resor Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si melakukan pemeriksaan senjata api genggam yang dipinjam pakaian ke anggota, senin (23/8/2021).

Usai memimpin apel jam pimpinan pagi tadi pukul 08.00 wita, Kapolres Belu memerintahkan anggota satuan fungsi Intelkam, Reskrim, Resnarkoba dan Tahti untuk tinggal di tempat (lapangan apel).

Setelah itu, orang nomor satu Polres Belu ini meminta anggota yang berbaris sesuai dengan masing-masing fungsinya, untuk mengeluarkan senjata api genggamnya, peluru beserta kartu senjata (KTA) untuk diperiksa.

Kemudian Kapolres Belu memeriksa satu per satu Senpi yang dipinjam pakaikan kepada anggota, utamanya menyangkut surat izin memegang senjata dan kelayakan senjata api itu sendiri.

Dalam pemeriksaan tersebut, Kapolres Belu menarik sebanyak 36 pucuk senjata api (senpi) genggam dan amunisi (peluru) yang kemudian diserahkan kepada Subbag Logistik Bag Sumda Polres Belu untuk didata dan di simpan di gudang senjata.

Penarikan senjata api kata Kapolres Belu, dikarenakan izinnya penggunaannya sudah habis masa berlaku alias kedaluarsa.

Kapolres Belu menambahkan, pemeriksaan dan pengecekan senjata api, akan dilakukan secara continue baik di Polres maupun di Polsek agar semua personel lebih mentaati aturan sehingga tidak terjadi penyalahgunaan senjata api dinas.

'Seluruh jajaran baik itu Bag, Sat dan Polsek jajaran akan Saya periksa bersama tim dan akan saya full kan 1 minggu ini. Perlu rekan-rekan pahami, siapapun mengajukan senjata dan memenuhi syarat pasti saya akan keluarkan ijin tapi bukan berarti tidak tertib administrasi juga. Ini harus perlu diperhatikan"kata Kapolres Belu.

"Jadi temuan hari ini dimana ada beberapa orang senjatanya sementara kita tarik supaya menjadi pembelajaran buat rekan-rekan semua dan tidak lagi terulang di kemudian hari. Yang senjatanya ditarik, silahkan diusulkan dari awal lagi sesuai prosedur pinjam pakai senpi"tegas Kapolres Belu.

Dalam pemeriksaan tersebut, Kapolres Belu didampingi para Kabag, Kasat, Perwira Staf, Kasiwas serta Kasi Propam dan anggota.