Rakor Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati, Kapolres Belu Tegaskan Polri Netral dan Siap Amankan Tahapan Pilkada 2024

Rakor Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati, Kapolres Belu Tegaskan Polri Netral dan Siap Amankan Tahapan Pilkada 2024

Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pendaftaran pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati di aula Hotel Matahari Atambua, sabtu (24/08/2024).

Rakor yang digelar oleh KPUD kabupaten Belu ini dihadiri Ketua serta Komisioner KPU Belu, Komisioner Bawaslu Belu, Kasi Intel Kejari Belu, pejabat Pengadilan Negeri Atambua, pejabat Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Belu, pejabat Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Atambua serta Dinas terkait lingkup Pemkab Belu.

Hadir juga Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, Kasat Intelkam Polres Belu, AKP Imanuel Lado, ST dan anggota, pimpinan partai politik, serta tim dari calon perseorangan.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Belu mengajak penyelenggara, peserta Pemilu maupun masyarakat untuk bersinergi secara aktif, mengawal dan mengamankan kegiatan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yakni tanggal 27 s/d 29 Agustus 2024. 

"Seperti yang sudah dipaparkan pak Ketua KPU, akan kami jadikan dasar dalam menyusun rencana pengamanan kegiatan pendaftaran selama 3 hari. Dalam kesempatan ini, Saya tidak menyampaikan secara teknis tapi nanti akan disampaikan oleh pak Kabag Ops dan Kasat Intel yang hari ini mendampingi Saya dalam kegiatan hari ini, terkait Pola Pengamanan dan hal-hal yang berkaitan dengan pengurusan STTP/ijin keramaian yang akan dilakukan oleh peserta Pilkada"tutur Kapolres Belu.

"Kembali Saya Tegaskan, Tentunya Polri dalam hal ini Polres Belu berkomitmen penuh memberikan pengamanan, pendampingan baik itu penyelenggara, peserta pemilu maupun  agar dapat berjalan dengan aman dan lancar. Saya selaku Kapolres Belu mengajak semua pihak untuk Kita bekerja sama, bersinergi secara baik dalam mengawal seluruh tahapan Pilkada."tambah Kapolres Belu.

Masih dalam sambutannya, mantan Kapolres Sumba Barat ini berharap semua pihak harus tetap menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan bangsa, serta tidak boleh terpecah belah oleh berita hoaks yang sengaja disebarkan oknum tidak bertanggung jawab.

Dirinya menegaskan,dalam pelaksanaan Pilkada nantinya, pihaknya akan tetap menjunjung tinggi netralitas dengan tidak memihak pada salah satu partai politik maupun yang maju sebagai paslon Bupati dan Wakil Bupati Belu.

"Kami selaku pihak keamanan bahwasanya semua calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan mendaftaran diri untuk mengikuti kontestasi pada Pilkada serentak 2024 akan mendapatkan perlakuan yang sama dan tidak ada yang dibeda-bedakan. Ini sebagai salah satu bentuk netralitas kami sebagai personel Polri"kata Kapolres Belu.

"Polri akan terus bersikap netral karena sudah ada aturan yang mengikat, bila dilanggar tentunya akan mendapatkan sanksi dari institusi. Sebagai penutup sambutan ini, harapan Saya hal yang baik teruslah dilaksanakan sehingga tidak aada keragu-raguan. Apa yang sudah disampaikan dalam rakor ini,  teman-teman perwaklan bisa menyampaikan ke partai dan pasangan calon sehingga tidak adanya saling menyalahkan pada proses tahapan pemilu ini"tutup Kapolres Belu.

Sementara Ketua KPU Belu, Yohanes Seven A. Palla melalui Devisi Teknis Penyelenggaran Pemilu KPU Belu, Yoni A. Neolaka menjelaskan, Rakor yang dilaksanakan ini dalam rangka persiapan pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belu.

Menurutnya, kegiatan Rakor ini sangat penting dan sebelumnya KPU sudah melakukan kegiatan serupa dengan Rakor dan sosialisasi dengan melibatkan stakeholders terkait.