Pantau Situasi Kamtibmas di Tapal Batas, Kapolda NTT Gowes Tempuh Jarak 73 KM Hingga Perbatasan Tiga Kabupaten

Pantau Situasi Kamtibmas di Tapal Batas, Kapolda NTT Gowes Tempuh Jarak 73 KM Hingga Perbatasan Tiga Kabupaten

Mengisi akhir pekannya saat melakukan kunjungan kerja di kabupaten Belu perbatasan RI-Timor Leste, Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A, melaksanakan gowes atau bersepeda dengan sejumlah pejabat utama Polda NTT, sabtu (25/5/2024).

Mengambil titik star di depan hotel King Star Atambua sekitar pukul 06.00 wita, Kapolda NTT bersama Dir Lantas Polda NTT dan Karolog Polda NTT yang kompak mengenakan baju gowes bertuliskan Gobar, mengayuh sepeda menyusuri pertokoan pasar baru, hutan jati Nenuk hingga Mako Brimob di dusun Halikelen, kecamatan Tasifeto Barat, kabupaten Belu.

Tak kenal rasa capek dan lelah, Kapolda NTT bersama Dir Lantas, Karo Log dan 2 (dua) Perwira Staf Polres Belu, terus mengayuh sepedanya hingga perbatasan tiga kabupaten yakni Belu, Malaka dan Timor Tengah Utara (TTU) tepatnya di depan Polsubsektor Nurobo Sektor Laenmanen, Resor Malaka.

Sepanjang perjalanan menuju Nurobo dengan jarak tempuh 30 KM, Kapolda dan PJU Polda NTT juga memanfaatkan kesempatan untuk memantau situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang sedang beraktivitas di pagi hari.

Tiba di Polsubsektor Nurobo, rombongan sepeda Kapolda NTT beristirahat sejenak bersama Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K yang sedari awal menggunakan sepeda motor mengawal rombongan Kapolda NTT dari titik star hingga perbatasan Nurobo.

Setelah beristirahat sejenak, Kapolda NTT kembali mengayuh sepeda nya menuju kota Atambua melalui route sebelumnya hingga menyentuh garis finish di Resto Hotel Matahari, kelurahan Bardao Atambua.

Dilihat dari jarak tempuh dari Atambua menuju Nurobo sejauh 30 KM, Total perjalanan Kapolda NTT bersama rombongan hari ini mencapai 73 kilometer dalam waktu tempuh hanya 2 jam lebih.

Selain meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh, bersepeda ini kata Kapolda NTT bertujuan meningkatkan kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat.

"Di tengah tugas-tugas Polri yang semakin berat, maka olahraga juga harus ditingkatkan. Jika tubuh sehat, maka pelaksanaan tugas akan semakin baik. Dan ini (bersepeda) menjadi contoh positif bagi anggota kepolisian dan masyarakat luas untuk menjaga kesehatan tubuh melalui gaya hidup aktif dan berolahraga secara teratur"ujar Kapolda NTT.

”Selain menjaga kebugaran tubuh, bersepeda ini bagus agar Kita lebih detail mengawasi dan mengontrol setiap lingkungan masyarakat yang dilewati.  Tadi juga saya beri arahan ke anggota yang bertugas di Pos Nurobo, agar betul-betul menjalankan tugas sesuai Tupoksi, terlebih dalam kesiapan pengamanan Pilkada 2024 yang sudah mulai bergulir"pungkas Kapolda NTT.