Didampingi Kapolres Belu, Puslitbang Polri Cek Peralatan Dalmas dan PHH Jelang Pemilu 2024

Didampingi Kapolres Belu, Puslitbang Polri Cek Peralatan Dalmas dan PHH Jelang Pemilu 2024

Usai menggelar tatap muka bersama personil Polres Belu, Tim Peneliti Puslitbang Polri dipimpin Kombes Pol. Syahrial M. Said. SIK, di hari yang sama mengecek peralatan Dalmas dan PHH inventaris Samapta Polres Belu, rabu (20/7/2022).

Didampingi langsung Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K, Kombes Pol. Syahrial M. Said bersama tim melakukan pengecekan peralatan dalmas dan PHH yang digelar di lapangan apel Polres Belu.

Selain peralatan Dalmas dan PHH, Tim Puslitbang Polri juga mengecek kendaraan baik Roda 2, Roda 4 dan Roda 6 inventaris satuan samapta.

Turut hadir dalam pengecekan tersebut antara lain Kasubbag Prograr dan anggota, Kasat Samapta dan anggota, Kasiwas serta Kasi Propam Polres Belu.

Kombes Pol. Syahrial M. Said mengatakan, tujuan kedatangan Tim Puslitbang Polri ini untuk mengevaluasi Peralatan Dalmas dan PHH Polri di polres jajaran Polda NTT.

Dari penelitian ini lanjut Ketua Tim, diharapkan diperoleh kondisi riil peralatan Dalmas dan PHH saat ini sehingga Polri dapat melakukan langkah-langkah perbaikan dan peningkatan kelayakan mutu peralatan Dalmas dan PHH, dalam rangka kesiapan pengamanan pemilu serentak pada tahun 2024 mendatang

"Sebagai bagian dari fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharan kamtibmas, Polri harus selalu mendukung agenda pembangunan nasional termasuk pemilihan umum dan Pilkada serentak di Indonesia. Sehingga untuk mengantisipasi agar semua keadaan dapat terkendali dengan baik dan kondusif maka kesiapan peralatan Dalmas dan PHH perlu mendapatkan perhatian"ungkap Ketua Tim.

"Dan Kami diperintah langsung bapak Kapolri melalui Kapuslitbang Polri, melakukan penelitian di seluruh Polda di Indonesia untuk mengetahui kondisi riil peralatan Dalmas dan PHH saat ini. Kalau ada temuan maka kita akan laporkan ke tingkat atas sebagai langkah peningkatan kelayakan mutu peralatan Dalmas dan PHH dalam rangka kesiapan pengamanan pemilu serentak 2024 mendatang."pungkas Ketua Tim.

Ketua tim juga menambahkan, dalam penelitian ini pihaknya melakukan dua pendekatan secara kuantitatif dan kualitatif yakni pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner secara online dan pengecekan secara langsung peralatan Dalmas / PHH.

"Tadi kita sudah melakukan pengisian check list menggunakan hp android dari beberapa responden di Polres Belu. Kami berharap dalam pengisian kuisioner tadi, rekan-rekan di Polres Belu mengisinya sesuai dengan fakta yang ada"ungkap Ketua Tim.

"Seperti kebutuhan peralatan Dalmas dan PHH baik untuk perorangan maupun kesatuan, apakah masih kurang memadai, baik dari kuantitas maupun kualitas. Dan hasil penelitian nantinya akan kami laporkan ke bapak Kapolri, tentunya dengan berkordinasi dengan logistik Mabes, Korps sabhara dan juga Korps Brimob."pungkasnya.