Cipta Kondisi Kamseltibcar Lantas Jelang Idul Fitri 1445 H, Polres Belu Gelar Operasi Keselamatan Turangga 2024 Dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan

Cipta Kondisi Kamseltibcar Lantas Jelang Idul Fitri 1445 H, Polres Belu Gelar Operasi Keselamatan Turangga 2024 Dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan
Kapolres Belu, AKBP Richo N.D Simanjuntak, S.I.K melakukan pemeriksaan pasukan pada apel gelar pasukan ops keselamatan 2024, sabtu 2 Maret 2024

Dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas khususnya menjelang Idul Fitri 1445 H, Kepolisian Resor Belu didukung instansi terkait, dalam 2 (dua) pekan ke depan menggelar Operasi Keselamatan Turangga 2024.

Berkaitan dengan kesiapan personil dan sarana prasaran pendukung operasi, Kepolisian Resor Belu menandainya dengan melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Turangga 2024 dan pencanangan aksi keselamatan jalan di halaman Mapolres Belu, sabtu (2/03/2024).

Apel gelar pasukan pukul 08.30 wita, dipimpin langsung Kapolres BeluAKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K dengan Perwira Upacara, Kasat Lantas,IPTU Marthen Luther Petterson, SH  dan komandan Apel,IPDA Yoseph F.Loo.

Membacakan amanat Kapolda NTT Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A.,Kapolres Belu mengungkapkan,  permasalahan di bidang Lalu Lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari  meningkatnya jumlah kendaraan bermotor  dan populasi penduduk, yang memerlukan alat   transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Perkembangan transportasi juga telah memasuki era digital. di mana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman, cukup menggunakan handphone. modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut”.tambah Kapolres Belu.

"Keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. hal itu dapat ditunjukkan dari pengguna lalu lintas. kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor, maupun pengguna jalan lainnya masih rendah"pungkas Kapolres Belu.

Untuk itu, Polri selama 2 pekan kedepan menggelar Operasi keselamatan yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan persuasif serta humanis, dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Guna memperoleh hasil yang maksimal dalam operasi tersebut,  Kapolres Belu menekankan seluruh personil agar bekerja sungguh-sungguh dalam meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Kemudian juga, melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang kamseltibcarlantas berupa kegiatan sosialisasi, penyuluhan, melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran pamflet dan stiker serta melalui media cetak, media elektronik, dan media sosial"ungkap Kapolres Belu.

"Lakukan operasi keselamatan ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat. Mari Kita wujudkan kamseltibcar lantas yang mantap dengan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas"pungkas Kapolres Belu.

Apel Gelar pasukan Operasi keselamatan ditandai dengan pemeriksaan pasukan oleh Kapolres Belu serta penyematan Pita Operasi kepada perwakilan dari anggota Lantas, Subden Pom IX Udayana Belu dan Dishub kabupaten Belu.

Dikesempatan yang sama, Kapolres Belu juga menyematkan Pin Pelopor Keselamatan Berlalu lintas.kepada Perwakilan Komunitas motor CB Atambua dan perwakilan pelajar, dilanjutkan dengan Pembacaan Ikrar oleh Perwakilan Komunitas Roda dua dandiikuti oleh seluruh Peserta Apel.

Apel Gelar Pasukan ini dihadiri Wakapolres, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, 1. Kadis PU kabupaten Belu, Perwakilan Kodim 1605 Belu, Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran, Wadanki Brimob Kompi 3 Yon A Por Atambua,Perwira Staf Polres Belu serta tamu undangan lainnya.

Sementara peserta apel terdiri dari barisan personel Subden POM IX Udayana Belu, Kodim 1605 Belu, Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu, Sat Samapta, Sat Lantas, Staf Gabungan, gabungan Sat Reskrim, Sat Intel dan Sat Narkoba, dinas perhubungan, Dispenda Kab.Belu serta barisan Komunitas motor CB Atambua.

Untuk diketahui,dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcar Lantas menjelang Idul Fitri 1445 H, Polri di selruruh Indonesia serentak melaksanakan Operasi Kepolisian dengan sandi“Keselamatan 2024” yang dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 4 maret sampai dengan 17 maret 2024.