Cegah Kenakalan Remaja Sejak Dini, Satgas Ops Bina Kusuma Polres Belu Lakukan Sosialisasi di SMP Kristen Atambua

Cegah Kenakalan Remaja Sejak Dini, Satgas Ops Bina Kusuma Polres Belu Lakukan Sosialisasi di SMP Kristen Atambua

Dalam rangka mencegah kenakalan remaja, Kepolisian Resor Belu melalui Satgas Operasi Bina Kusuma Turangga 2023 aktif turun ke sekolah-sekolah memberikan penyuluhan kepada siswa siswi baik tingkat SMP maupun SMA.

Dihari kedua operasi,personel satgas operasi Bina Kusuma turun memberikan penyuluhan kepada pelajar SMP Kristen Atambua, rabu (24/5/2023).

Adapun personil yang turun memberikan sosialiasi kepada pelajar SMP Kristen antara lain Kasat Binmas, IPTU Gregorius P. Settu selaku Kasatgas Binluh, Kanit 1 Sat Intelkam, IPDA Yusran selaku Kasatgas Deteksi serta anggota Satgas Binluh dan Satgas Deteksi.

Kegiatan yang berlangsung di Aula sekolah pagi sekitar pukul 07.30 wita, dihadiri Kepala sekolah SMP Kristen, David Bokamanu, sejumlah staf guru serta pelajar kelas 7 dan 8 SMP Kristen.

Kenakalan remaja kata Kanit Binpolmas Sat Binmas, BRIPKA Ristiany Densy Doko selaku pembawa materi, adalah suatu perbuatan yang melanggar norma, aturan, atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau transisi masa anak-anak ke dewasa.

Bila hal tersebut (kenakalan remaja) dibiarkan lanjut BRIPKA Densy, maka perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri, keluarga maupun orang-orang di sekitarnya.

“Mengkosumsi minuman keras, narkoba, bolos sekolah, Seks bebas hingga Tawuran antar pelajar dewasa ini adalah sejumlah bentuk kenakalan remaja yang kini kerap dilakukan oleh anak sekolah. Saya harap adik-adik SMP Kristen ini tidak termasuk didalamnya karena sekali melangkah maka untuk memperbaikinya akan sulit dan tinggal penyesalan yang tersisa”kata BRIPKA Densy.

“Untuk mencegah perilaku kenakalan remaja, Kami minta adik-adik untuk membentengi diri dengan iman, pintar dalam bergaul dan tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal yang merusak diri sendiri. Marilah Kita bawa diri ke arah yang positif agar tidak menyusahkan diri sendiri, orangtua dan keluarga. Tumbuhkanlah semangat belajar demi meraih sukses masa depan dan bergaulah dengan teman yang suka mengajak dan mengajar kebaikan “pungkas BRIPKA Densy.

Selain menyampaikan Materi tentang kenakalan remaja, Kasat Binmas bersama Kanit 1 Sat Intelkam membuka sesi tanya jawab dengan pelajar seputar materi yang disampaikan BRIPKA Densy di awal kegiatan sosialisasi.

Dalam sesi tanya jawab tersebut, Kanit 1 Sat Intelkam, IPDA Yusran memberikan hadiah berupa uang tunai untuk 4 orang pelajar SMP Kristen karena berhasil menjawab pertanyaan yang diajukannya.

Terkait kegiatan sosialisasi ini, Kepala Sekolah SMP Kristen beserta guru-guru mengucapkan banyak terima kasih kepada Polres Belu atas sosialisasi yang telah diberikan kepada anak didiknya dalam menjauhkan pelajar dari kenakalan remaja.

Senada dengan Kepala Sekolah, para pelajar yang hadir dalam sosialisasi tersebut mengucapkan terima kasih kepada Polres Belu dan berkomitmen untuk menjauhi segala bentuk kenakalan remaja dan menginformasikan ke pihak kepolisian apabila terjadi gangguan Kamtibmas di dalam kompleks sekolahnya.

Untuk diketahui, dalam rangka mencegah, meminimalisir dan menanggulangi terjadinya kenakalan remaja dan premanisme, Kepolisian Resor Belu selama 14 hari kedepan bakal menggelar operasi Bina Kusuma Turangga 2023, yang dimulai dari tanggal 23 mei s/d 5 juni 2023.

Operasi ini bertujuan mencegah, meminimalisir dan menanggulangi terjadinya kenakalan remaja dan kejahatan premanisme (mabuk – mabukan, geng motor, jambret, dll) sehingga tercipta sitkamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Belu.