Tekan Laju Covid-19, Polres Belu Resmikan Dua Kampung Tangguh Turangga

Tekan Laju Covid-19, Polres Belu Resmikan Dua Kampung Tangguh Turangga

Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan sekaligus mencegah penularan covid-19, Kepolisian Resor Belu melaunching dua kampung tangguh Turangga, senin (8/3/2021).

Adapun kampung tangguh yang pagi tadi diresmikan yakni kampung tangguh dusun Baulenu, desa Manleten, Kec. Tasifeto Timur, Kab. Belu dan kampung tangguh Leon Diak di desa Leuntolu, Kec.Raimanuk, Kab.Belu.

Pencanangan kampung tangguh di dusun Baulenu, desa Manleten, sekitar pukul 09.20 WITA, ditandai dengan pelepasan balon udara oleh Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si bersama Dandim 1605 Belu, pejabat yang mewakili plh.Bupati Belu, Dansatgas Pamtas RI - RDTL Sektor Timur Yonif 742 / SWY, Anggota DPRD Kab. Belu, Ketua Pengadilan Negeri Belu, Kepala Kejaksaan Negeri Belu.

Dalam sambutannya pagi tadi, Kapolres Belu mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka mendukung program kegiatan 100 hari kerja Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si tentang peningkatan dan pengembangan program kampung tangguh untuk penanganan Covid-19 di seluruh daerah dalam wilayah NKRI.

Mantan Kapolres Sumba Barat ini juga mengapresiasi semua bentuk dukungan dari berbagai pihak baik yang dengan caranya masing-masing sehingga pembentukan kampung tangguh bisa berjalan dengan baik.

"Apresiasi untuk camat Tasifeto Timur, Danramil, Kapolsek Tasifeto Timur, kepala desa beserta jajarannya masing-masing, yang telah melaksanakan pembuatan kampung tangguh ini"kata Kapolres Belu.

"Saya harap, ini (kampung tangguh) tidak hanya di desa ini saja, namun bisa dikembangkan di seluruh desa yang ada di Tasifeto Timur. Sehingga masing-masing Kepala Desa dapat meningkatkan perekonomian rakyat dan mencegah penularan covid-19"pinta Kapolres Belu.

Peresmian kampung tangguh dusun Baulenu ini, juga ditandai dengan pelepasan secara simbolis benih ikan Lele oleh Kapolres Belu bersama Dandim 1605 Belu, Dansatgas Pamtas RI - RDTL Sektor Timur Yonif 742 / SWY, Anggota DPRD Kab. Belu, Ketua Pengadilan Negeri Belu dan Kepala Kejaksaan Negeri Belu.

Selain kolam ikan lele, Kampung Tangguh dusun Baulenu juga dilengkapi dengan pembuatan posko penanggulangan Covid yang beranggotakan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan perangkat kesehatan yang dilengkapi dengan APD dan lainnya untuk pendukung posko Covid-19.

Turut hadir dalam giat tersebut antara lain Kapolsek Tasifeto Timur bersama anggota, Camat Tasifeto Timur, Danramil 1605 -  07 Wedomu, Para Kepala Desa Sekecamatan Tasifeto Timur, Kepala Puskesmas Wedomu dan Silawan serta tokoh masyarakat.

Sementara di desa Leuntolu, Kec.Raimanuk, Kampung Tangguh Turangga "Leon Diak" siang tadi diresmikan oleh Wakapolres Belu, Kompol Fajar Virgantara Syarifuddin, SIK yang dihadiri sejumlah pejabat utama Polres, Kapolsek Raimanuk dan anggota, unsur Tripika Raimanuk, para kepala desa serta sejumlah tokoh di kecamatan Raimanuk.

Peresmian kampung tangguh Leon Diak ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakapolres yang dilanjutkan dengan meninjau lokasi pertanian masyarakat di dusun Subaru dan kolam percontohan budi daya ikan lele jumbo sistim bioflok desa Leuntolu.

Selain itu, Kampung Tangguh Leon Diak ini juga dilengkapi dengan pembuatan posko penanggulangan Covid yang beranggotakan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan perangkat kesehatan yang dilengkapi dengan APD dan lainnya untuk pendukung posko Covid-19.