Kapolres Belu Buka Latihan Pra Operasi Semana Santa Ranakah 2021

Kapolres Belu Buka Latihan Pra Operasi Semana Santa Ranakah 2021

Jelang perayaan Paskah 2021, Kepolisian Republik Indonesia selaku penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, berkewajiban menciptakan situasi yang kondusif jelang, selama dan sesudah Paskah.

Berbicara pengamanan Paskah ini sendiri, Polri khususnya Polda NTT akan menggelar operasi Semana Santa Ranakah, selama 15 hari terhitung dari 25 Maret s/d 8 April 2021.

Dalam Pengamanan nantinya, tentunya diperlukan berbagai kesiapan yang diawali dengan latihan pra operasi yang bertujuan untuk penyamaan persepsi, cara bertindak, target operasi, dan pembuatan format laporan.

Berkaitan dengan hal tersebut, usai menggelar rapat koordinasi lintas sektoral bersama instansi terkait, Polres Belu dihari yang sama menggelar latihan pra operasi di aula lantai 2 Polres Belu, selasa (23/3/2021) pukul 11.00 wita,.

Saat membuka kegiatan tersebut, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M,Si yang didampingi Wakapolres, KOMPOL Fajar Virgantara Syarifuddin, S.I.K mengatakan, dalam operasi Semana Santa kali ini, setiap anggota harus dapat memberikan kepastian kepada umat yang melaksanakan ibadah, dengan memberikan pelayanan yang maksimal sehingga mereka (umat) dapat melaksanakan ibadah dengan lancar dan jauh dari covid-19.

"Kita akan diperhadapkan suatu operasi dalam rangka memberikan keamanan, kenyamanan dan kelancaran ibadah Paskah di tengah pandemi ini. Maka dari itu, kita wajib melakukan langkah-langkah antisipasi sehingga kegiatan peribadatan dapat berjalan aman,terkendali"kata Kapolres Belu.

"Untuk itu kepada rekan pembina fungsi, setiap teori yang diberikan harus diaplikasikan dan langsung dipraktekkan sehingga pada saat pelaksanaannya, anggota tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang harus didengar kemudian kepada siapa dia bertanggung jawab. Mari para Kasat, berikan teori-teori yang nyata sehingga anggota tidak ragu-ragu dalam melaksanakan tugas"pungkas Kapolres Belu.

Kegiatan Lat Pra ops ini diisi dengan paparan dari Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH yang menyampaikan tentang rencana operasi dan peran dari tiap-tiap satgas operasi.

Selain Kabag Ops, paparan lainnya menyangkut operasi ini juga disampaikan oleh Kasat Intelkam Polres Belu, Kasat Lantas Polres Belu, Kasat Binmas dan Kasat Sabhara Polres Belu.

Lat pra ops ini dihadiri oleh Para Kabag,Kasat, Para Perwira Staf Polres Belu, serta Anggota Brigadir Polres Belu yang terlibat dalam operasi Semana Santa Ranakah 2021.