Home / BERANDA / Ops Zebra 2019, Sat Lantas Polres Belu Sosialisasi Kamseltibcar Lantas kepada Pelajar SMP Bina Karya

Ops Zebra 2019, Sat Lantas Polres Belu Sosialisasi Kamseltibcar Lantas kepada Pelajar SMP Bina Karya

Pendidikan masyarakat di bidang lalu lintas (Dikmas Lantas) adalah merupakan salah satu dari tugas pokok lalu lintas sebagai upaya pencegahan di dalam menanggulangi masalah lalu lintas.

Seperti yang telah dilaksanakan oleh Kanit Dikyasa Satuan Lalu Lintas Polres Belu, AIPDA Heru Setiyono, SH yang selama gelaran operasi Zebra Turangga 2019, rutin memberikan Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas kepada masyarakat khususnya pengendara roda dua, empat dan lainnya.

Teranyar, Kanit Dikyasa AIPDA Heru bersama anggota,  memberikan penyuluhan kepada pelajar SMP Bina Karya Atambu, rabu (30/10/19).

Dihadapan puluhan pelajar, Kanit Dikyasa membawakan materi tentang Etika berlalu lintas sekaligus mensosialisasikan kepada pelajar tentang Ops Zebra Turangga 2019 yang saat ini sedang dihelat oleh kepolisian.

Etika yang baik dalam berlalu lintas, kata Kanit, bisa mengurangi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas ,menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatkan peran aktif masyarakat sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas dan menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan.

Kanit Dikyasa juga menambahkan, siswa/i yang tertib berlalu lintas, menjadi cerminan bahwa siswa tersebut pasti tertib di sekolah.

“Tertib berlalu lintas diantaranya menghargai pejalan kaki dengan tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas dan kebut-kebutan, memperhatikan kelengkapan surat-surat kendaraan,memakai helm SNI, dan tidak mengguna Handphone saat berkendara dan memakai knalpot racing”kata Kanit Dikyasa.

“Bagi yang belum punya SIM atau belum cukup umur, tidak boleh bawa motor sendiri dan kalau kedapatan, sanksinya bisa teguran dan juga penindakan”lanjut Kanit Dikyasa.

Kegiatan sosialisasi ini mendapatkan dukungan yang positif dari Kepala Sekolah dan para guru yang secara terbuka mengucapkan terima kasih dan berharap kegiatan serupa maupun dalam kemasan lain, akan terus digalakkan agar siswa/i mereka dapat menyadari betapa pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas.

Diakhir kegiatan, Kanit Dikyasa dan anggota membagi-bagi pamflet kepada pelajar yang isinya mengajak mereka untuk menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas.

Untuk diketahui, Operasi Zebra Turangga tahun ini akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 23 Oktober 2019 s/d 5 November 2019.

About admin

Check Also

Penuh Haru, Anggota Polres Belu dan Bhayangkari Lepas Kepergian AKBP Christian Tobing

Usai kegiatan laporan kesatuan, Kapolres Belu AKBP Cliffry Steiny Lapian, S.I.K. bersama anggota dan Bhayangkari, …