Wujudkan Penegakan Hukum yang Berkeadilan untuk Masyarakat, Tim STIK Lemdiklat Polri Lakukan Penelitian di Polres Belu

Wujudkan Penegakan Hukum yang Berkeadilan untuk Masyarakat,  Tim STIK Lemdiklat Polri Lakukan Penelitian di Polres Belu

Tim Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lemdiklat Polri dipimpin Kabagjian Minpol PPITK, Brigjen Pol.Drs Chairul Farizal, SH, melakukan supervisi ke Mapolres Belu, selasa (12/7/2022).

Kedatangan Ketua Tim Supervisi beserta rombongan pagi tadi pukul 08.00 wita, disambut Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K serta sejumlah Pejabat Utama Polres Belu.

Kegiatan penelitian dengan judul proses penegakan hukum guna mewujudkan rasa keadilan dan ketertiban masyarakat (perspekiif sosiologi hukum), diawali dengan acara tatap muka di aula Wira Satya lantai 2 Polres Belu.

Acara tatap muka ini dihadiri Ketua Tim Supervisi, Brigjen Pol.Drs Chairul Farizal, SH, Ketua Tim pelaksana penelitian, Kabagjiansosmas BID PPITK STIK Lemdiklat Polri, KOMBES Pol Hendro Wahyudin, S.I.K beserta tim, Kapolres Belu, pejabat utama Polres, Perwira Staf, Kapolsek jajaran, Brigadir serta tim pendamping Polda NTT.

Tatap muka yang dilanjutkan dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) juga dihadiri sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat serta sejumlah tokoh pemuda yang ada di kabupaten Belu.

Kapolres Belu saat membuka kegiatan pagi tadi mengucapkan selamat datang kepada Tim Peneliti dari STIK Lemdiklat Polri serta meminta seluruh anggota yang hadir untuk menyimak secara baik apa yang nantinya disampaikan oleh Tim serta memberikan jawaban atau usul saran yang nyata adanya demi peningkatan tugas pokok Polri kedepannya.

"Kami secara pribadi dan keluarga besar Polres Belu mengucapkan selamat datang Jenderal beserta tim di Rai Belu ini. Kami berterima kasih karena pada hari ini berkenan hadir di tengah-tengah Kami untuk bertatap muka sekaligus melakukan wawancara dengan seluruh pers dan tamu undangan yang hadir saat ini"kata Kapolres Belu.

"Dengan momentum yang baik ini, kami minta rekan-rekan yang hadir di aula ini betul-betul menyimak, mencatat apa yang disampaikan oleh Tim peneliti dan memberikan jawaban yang real adanya sesuai dengan tujuan penelitian hari ini. Sehingga jawaban ataupun usul saran yang disampaikan rekan-rekan maupun tamu undangan yang hadir, dapat menjadi bahan masukan yang baik untuk Tim demi kemajuan Polri yang kita cintai"tambah Kapolres Belu.

Sementara Ketua Tim supervisi, Brigjen Pol.Drs Chairul Farizal, SH dalam sanbutannya pagi tadi menyampaikan, kedatangan timnya dalam rangka meneliti sejauh mana proses penegakan hukum di jajaran Polda NTT guna mewujudkan rasa keadilan dan ketertiban masyarakat (perspekiif sosiologi hukum).

"Selaku tim supervisi, kami hadir untuk melihat pelaksanaan daripada peneitian dan pengumpulan data yang dilakukan tim peneliti hari ini. Dimana nanti setelah kegiatan ini ,tim akan melakukan wawancara dan tanya jawab kepada bapak ibu yang hadir sesuai tema atau judul yang ada di spanduk belakang ini, yang nantinya akan dipimpin oleh KOMBES Pol Hendro beserta tim dengan dibantu para dosen dari STIK"kata Ketua Tim.

"Tim nantinya akan mendalami, menggali secara mendalam sehingga kita mendapatkan masukan dalam rangka peningkatan tugas-tugas Polri kedepan. Kami harap bapak ibu memberikan masukan yang sejujurnya terkait dengan hal-hal yang ditanyakan. Kalau jawabannya tidak jujur atau bias, tentu hasilnya nanti tidak akan bisa dianalisa secara mendalam. Jadi tentu harapan pimpinan dalam hal ini ketua STIK, apa yang ditanyakan, jawablah yang sebenarnya..Kalau Polri masih belum maksimal jawab apa adanya, tidak masalah. Karena penelitian ini sesuai dengan kebijakan bapak Kapolri yakni Presisi dimana Polri dituntut harus respon dan berkeadilan terutama dalam penegakan hukum"pungkas Ketua Tim.

Usai pemberian cendera mata dari Ketua Tim Supervisi kepada Kapolres Belu., kegiatan dilanjutkan dengan wawancara atau FGD.

Dalam kegiatan tersebut, tim peneliti STIK Lemdiklat Polri melakukan tanya jawab seputar penegakan hukum, kepada anggota Polri serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang hadir.

Kegiatan wawancara ini dipimpin  Ketua Tim pelaksana penelitian, Kabagjiansosmas BID PPITK STIK Lemdiklat Polri, KOMBES Pol Hendro Wahyudin, S.I.K beserta tim antara lain Peneliti Utama STIK Lemdiklat Polri, KOMBES Pol Drs. Dedy Dhia Dharma, Dosen STIK Lemdiklat Polri yakni PEMBINA TK, DR. Sutrisno, M.Si, dan PEMBINA DR. Benyamin Lufpi, S.S., M.Hum serta Kabagmin BID PPITK STIK Lemdiklat Polri, AKBP Yustinus Setyo Indriyono, S.H., S.I.K.