Undang Instansi Terkait, Polres Belu Gelar Rakor Ops Mantap Brata Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024

Undang Instansi Terkait, Polres Belu Gelar Rakor Ops Mantap Brata Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024

Dalam rangka kesiapan pengamanan tahapan Pemilu 2023-2024, Kepolisian Resor Belu bersama Instansi terkiat menggelar rapat koordinasi operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024 di aula Wira Satya, rabu (4/10/2023).

Kegiatan rakor kesiapan pengamanan Pemilu yang berlangsung sekitar pukul 09.00 WITA, dipimpin Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K yang didampingi Dandim 1605 Belu, Letkol A.rh Suhardi S. T dan Bupati Belu yang diwakili Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Belu, Drs. Nikolaus Umbu K. Biri, MM.

Hadir juga pagi tadi Ketua DPRD Belu, Ketua KPU Kabupaten Belu, Ketua Bawaslu kabupaten Belu, Kepala Bea Cukai Atambua, Kepala PLN Atambua, sejumlah pejabat dari instansi Vertikal kabupaten Belu, para pejabat utama TNI Polri serta tamu undangan lainnya.

Membuka kegiatan tersebut, Kapolres Belu menyampaikan, rapat koordinasi ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas, kolaborasi dan komitmen bersama seluruh stakeholder agar pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang berlangsung aman, damai, lancar, serta kondusif.

"Rapat koordinasi Ini sebagai langkah kita menyatukan persepsi bagaimana cara serta langkah-langkah yang perlu di ambil dan dilaksanakan pada saat sebelum, selama dan sesudah pelaksanaan pemilu, baik legislatif, Presiden dan juga pelaksanaan Pilkada di tahun 2024" kata Kapolres Belu.

"Sehingga diharapkan dalam kegiatan Rakor ini, saran masukan dari seluruh undangan yang hadir, baik dari Pemerintah Daerah,  TNI, penyelenggara Pemilu dan seluruh instansi terkait yang hadir hari ini sangat diperlukan supaya hal-hal yang kurang, dapat diperbaiki dan ditambahkan serta lebih memudahkan kita untuk saling berkordinasi demi terselenggaranya pelaksanaan pemilu yang aman, damai dan lancari" lanjut Kapolres Belu.

Sementara Dandim 1605 Belu pada kesempatan tersebut mengatakan pihaknya dalam ini TNI siap siaga dalam menjamin keamanan dan kelancaran pesta demokrasi khususnya di kabupaten Belu.

"Untuk pileg dan pilpres kami dari kodim ini hanya menerima perintah saja dari Kodam, karena pada prinsipnya apapun yang terjadi di suatu wilayah kami akan selalu siap apabila situasi mengancam. Jadi untuk keamanan dan ketertiban pemilu nanti, akan selalu kami dukung penuh sehingga situasi tetap kondusif seperti saat ini"kata Dandim 1605 Belu.

Sementara Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Belu, Drs. Nikolaus Umbu K. Biri, MM mengatakan pemerintah kabupaten Belu akan terus berkomitmen dalam memberi dukungan terhadap kelancaran pelaksanaan setiap tahapan pemilu dan pilkada. 

Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu, Asisten I menyebutkan bahwa Pemkab Belu melalui Badan Kesbangpol akan selalu menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik agar dapat mengawal suksesnya penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak di tahun 2024 mendatang di Kabupaten Belu.

Dalam rapat koordinasi ini, Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, memaparkan kesiapan Polres Belu dalam pengamanan seluruh tahapan Pemilu 2023-2024 menyangkut pelibatan personil Polres, Polsek jajaran yang didukung Instansi terkait serta kesiapan sarana dan prasarana.

Rapat koordinasi ini juga berisi saran masukan dari sejumlah Instansi yang hadir diantaranya dari Ketua DPRD Belu, Ketua Bawaslu kabupaten Belu, Kepala Bea Cukai Atambua, Kasi Pidum kejaksaan Negeri Atambua, perwakilan PLBN Motaain serta tamu undangan lainnya.