Teladani Sifat Sosial Kapolres Belu, Bhabinkamtibmas Polsek Tasifeto Barat Sisihkan Gaji Bantu Sebastianus Fahik Masuk Sekolah

Teladani Sifat Sosial Kapolres Belu, Bhabinkamtibmas Polsek Tasifeto Barat Sisihkan Gaji Bantu Sebastianus Fahik Masuk Sekolah

Setelah kurang lebih 4 bulan menjabat sebagai orang pertama di Polres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K dengan program jumat curhatnya rajin turun di tengah masyarakat untuk mendengar keluhan atau keluh kesah warga seputar gangguan kamtibmas maupun permasalahan yang dialami masyarakat.

Berangkat dari program tersebut, Kapolres Belu membuat terobosan berharga dengan menghadirkan lisrtik dan pengeboran air bersih bagi warga masyarakat Kebupaten Belu, baik dalam maupun luar kota Atambua.

Warga di dua dusun (Haliwen dan Fohomea) kecamatan Manumutin dan dusun Tukunu kecamatan Raimanuk, adalah sebagian masyarakat yang sudah merasakan jiwa sosial Kapolres Belu dalam memperoleh bantuan listrik dan air bersih secara gratis.

Sifat sosial Kapolres Belu inilah yang kemudian diteladani anggota Polsek Tasifeto Barat yang pada senin (11/9/2023) membantu mewujdukan impian seorang bocah untuk mengeyam pendidikan yang layak seperti anak-anak pada umumnya.

Adalah Sebastianus Fahik, seorang bocah dari dusun Lianain, Desa persiapan Weilaka, Kecamatan Tasifeto Barat, memiliki harapan untuk mendapat pendidikan layak di bangku sekolah dasar (SD) kandas karena faktor ekonomi.

Ayahnya Petrus Taek hanya bekerja serabutan untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari keluarga, sementara ibunya, Ibu Gaudensiasa Bete mengalami kebutaan sejak lahir dan hanya bisa berada di rumah.

Kenyataan pahit tersebut tersebut di dapati Bhabinkamtibmas Polsek Tasifeto Barat, BRIPKA Radem Purwanto saat menemui Sebastianus Fahik yang puluhan tahun menetap dibawah sebuah gubuk reot bersama kedua orangtuanya.

Setelah mendengar kisah yang mengharukan dari Sebastianus Fahik, Bhabinkamtibmas Desa Naitimu, BRIPKA Radem Purwanto kemudian berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas Desa Lawalutolus, Polsek Tasifeto Barat, Bripka Oktovianus Da Silva untuk mencari cara agar bocah tersebut bisa bersekolah.

Hari itu juga, senin (11/9/2023), keduanya bertemu dengan Kepala Sekolah Dasar Katolik (SDK) Laninis, Firmuas Bas untuk kiranya Sebastianus Fahik bisa diterima untuk menjadi siswa baru di sekolah tersebut.

Usulan dari kedua anggota Polsek Tasifeto Barat ini disambut baik kepala Sekolah yang langsung menerima Sebastianus Fahik sebagai murid baru dengan membawa  persyaratan administrasi yang di perlukan

Tidak hanya membantu mendaftarkan sekolah, BRIPKA Redem dan BRIPKA Okto menyisihkan uang gajinya membantu membeli perlengkapan sekolah untuk Sebastianus Fahik berupa seragam sekolah, sepatu, tas, ikat pinggang, buku, dan alat tulis.

Berkat keikhlasan hati dari dua anggota Polsek Tasifeto Barat tersebut, Sebastianus Fahik akhirnya sudah resmi mengenyam pendidikan yang layak di sekolah seperti anak-anak sekolah lain seusianya.

Diantarkan langsung oleh Bhabinkamtibmas Naitimu dan Bhabinkamtibmas Lawalutolus, Sebastianus Fahik pada selasa (12/9/2023) hari ini, didaftarkan dan langsung mengikuti kegiatan belajar di bangku kelas 1 SDK Laninis, desa Lawalutolus, Kec. Tasifeto Barat, Kab. Belu.

Kepada awak media, Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K melalui Kapolsek Tasifeto Barat, IPDA Sam Ihim mengatakan, upaya yang dilakukan kedua anggota merupakan wujud nyata kehadiran Polri dalam menbantu anak-anak kurang mampu untuk tetap bisa terus belajar dan menggapai cita-citanya.

"Seluruh anak Indonesia tanpa terkecuali harus mendapatkan hak atas pelayanan pendidikan, termasuk mereka yang kurang mampu. Jadi setelah mendengar kisah dari anak Sebas, anggota Bhabin kami langsung berinisiatif melakukan pendekatan dengan pihak sekolah, mendaftarkan dia dan menyisihkan gaji mereka membelikan kebutuhan si anak seperti seragam, sepatu hingga alat tulis"ungkap Kapolsek.

"Jujur kita sedih anak yang memiliki impian untuk sekolah seperti anak-anak lain harus kandas karena faktor ekonomi. Orangtua dari anak Sebas menyambut baik dan bahagia akhirnya anak mereka sudah bisa sekolah. Harapan Kami si anak Sebas tetap semangat belajar supaya kelak menjadi anak yang berguna bagi dirinya sendiri, keluarga dan bangsa"pungkas Kapolsek.

Bhabinkamtibmas Naitimu, BRIPKA Redem saat membelikan seragam sekolah untuk Sebastianus Fahik di salah satu toko di pasar Halilulik, Tasifeto Barat, senin (11/9/2023)