Sentuh Desa Terpencil, Kapolres Belu Gelar Jumat Curhat dan Bagi Sembako untuk Warga Kurang Mampu

Sentuh Desa Terpencil, Kapolres Belu Gelar Jumat Curhat dan Bagi Sembako untuk Warga Kurang Mampu

Dalam upaya menciptakan kondisi wilayah desa yang aman, harmonis dan kondusif serta terwujudnya suatu komunikasi yang baik antara masyarakat dan Polri, Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K, kembali menggelar program jumat curhat di wilayah kabupaten Belu, jumat (10/02/2023).

Didampingi Wakapolres, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP serta sejumlah pejabat utama, Kapolres Belu turun ke desa terpencil tepatnya di dusun Tubaki B, desa Dubesi, kecamatan Nanaet Dubesi, Kabupaten Belu,

Mengambil titik star di Mapolres Belu pukul 09.00 wita , Kapolres Belu bersama rombongan menggeber sepeda motor menyusuri wilayah kota Atambua, kecamatan Tasifeto Barat hingga tiba di kecamatan Nanaet Dubesi.

Sepanjang perjalanan, Kapolres Belu dan rombongan beberapa kali melewati sungai, menerjang jalan bebatuan di sepanjang perjalananan menuju desa terpencil Dubesi.

Meskipun menemui medan menantang, tak menghalangi Kapolres Belu dan rombongan dalam melaksanakan silaturahmi sekaligus bakti sosial dengan warga Dubesi.

Tiba di dusun Tubaki B sekitar pukul 10.45 wita, kedatangan Kapolres Belu dan rombongan disambut hangat Camat Nanaet Dubesi, Kepala Desa Dubesi, para tokoh adat, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda setempat.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Belu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Camat, kepala desa serta seluruh komponen masyarakat desa Dubesi atas penyambutan yang luar biasa.

Kapolres Belu mengatakan, jumat curhat yang rutin dilaksanakan setiap minggunya ini merupakan program Polri secara nasional yang bertujuan mendekatkan Polri dengan masyarakat sekaligus menerima usul dan saran dari masyarakat.

"Terima kasih untuk bapak mama semua yang ada disini karena kedatangan kami disambut luar biasa. Mohon maaf bilamana kedatangan kami membuat bapak dan Mama Repot karena harus meninggalkan rutinitasnya. Untuk diketahui, Kegiatan jumat curhat ini merupakan program bapak Kapolri yang tujuannya untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat serta menampung aspirasi dari masyarakat"ungkap Kapolres Belu.

"Jadi kedatangan kami ini tidak hanya bersilaturahmi, tapi Kami juga ingin mendengar secara langsung saran, masukan dan keluhan dari bapak ibu yang ada di dusun Tubaki B ini. Saran masukan yang diberikan sangat penting bagi kami dalam rangka kami menciptakan kamtibmas yang aman sekaligus perbaikan kinerja kami kedepannya"tambah Kapolres Belu.

Sementara  Camat Nanaet Dubesi, Vinsensius Bere, S.Pt, menyampaikan apresiasinya kepada Kapolres Belu dan jajaran, yang telah hadir di Dubesi, salah satu desa terpencil yang ada di kabupaten Belu.

Pada kesempatan tersebut, Camat Nanet Dubesi menyampaikan usul saran salah satunya adalah meminta kepada jajaran Kepolisian untuk menaikan status polsubsektor menjadi Polsek.

Terkait saran masukan dari camat, Kapolres Belu mengatakan pihaknya akan menyampaikan usulan tersebut ke tingkat atas baik itu Polda NTT maupun Mabes Polri.

"Mengenai usulan pak Camat, sesegera mungkin kami akan berkoordinasi ke Polda dan juga Mabes. Memang kalau kita melihat satu kecamatan biasanya ada Polsek dan juga Koramil tapi di Nanaet Dubesi ini hanya memiliki Polsubsektor (pos pam) yang tentu personelnya sangat terbatas"tutur Kapolres Belu.

"Mudah-mudahan usulan kami nanti dapat ditindak lanjuti oleh pimpinan atas karena dengan jumlah personel Polri yang banyak tentu lebih mudah memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat khususnya dalam menekan angka kriminalitas dan dapat melindungi serta melayani masyarakat saat dibutuhkan"pungkas Kapolres Belu.

Usai berdialog dengan warga, Kapolres Belu beserta rombongan bergerak dari rumah ke rumah (door to door), memberikan bantuan beras kepada warga kurang mampu di dusun Tubaki B dengan masing-masing kepala keluarga menerima 5 kg beras.