Satukan Persepsi Pengamanan Paskah, Polres Belu Undang Inskait Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Semana Santa 2023

Satukan Persepsi Pengamanan Paskah, Polres Belu Undang Inskait Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Semana Santa 2023

Menjelang dilaksanakannya operasi Semana Santa Turangga 2023, Kepolisian Resor (Polres) Belu menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan Paskah.

Saat membuka kegiatan jumat (31/3/2023) pagi pukul 09.00 wita, Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K dalam hal ini diwakili Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH mengatakan, tujuan rapat digelar untuk menyamakan persepsi dalam menjamin keamanan dan keselamatan dalam rangkaian perayaan Paskah tahun ini.

"Rakor ini setiap tahunnya rutin kita gelar sebagai langkah menyatukan persepsi bagaimana cara serta langkah-langkah yang perlu di ambil dan dilaksanakan pada saat mulai operasi"ungkap Kabag Ops.

"Sehingga diharapkan dalam kegiatan Rakor ini, saran masukan dari seluruh undangan yang hadir, sangat diperlukan supaya hal-hal yang kurang, dapat diperbaiki dan ditambahkan demi terselenggaranya ops Semana Santa yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya" lanjut mantan Kabag Ren Polres Belu ini.

Masih dalam sambutannya, Kabag Ops Polres Belu mengatakan, sasaran dalam operasi ini bukan saja tempat atau rumah ibadah, tetapi juga di lokasi yang berpotensi mengganggu kamtibmas seperti di pasar baru dan obyek-obyek vital yang ada di wilayah kabupaten Belu.

"Selain pengamanan Gereja, ada beberapa lokasi yang perlu menjadi perhatian Kita antara lain seperti pelabuhan, tempat wisata dan juga pusat perbelanjaan. Yang tentunya aktivitas masyarakat semakin meningkat sehingga diperlukan kerja sama yang baik dari kita semua dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas "ungkap Kabag Ops.

"Selepas dibukanya kegiatan ini, Kami mohon kepada bapak ibu dan stakeholder yang ada disini, menyampaikan, memaparkan sekaligus memberikan usul saran, sebagai langkah kesiapan kita di dalam pengamanan operasi Semana Santa tahun ini" pinta Kabag Ops.

Usai membuka kegiatan tersebut, Kabag Ops memaparkan secara Garis besar pelaksanaan Ops Semana Santa Turangga 2023.

Kegiatan Rakor Lintas Sektoral ini juga diisi dengan saran masukan dari Kaban Kesbangpol Kab. Belu, Pastor Pembantu Gereja Kathedral, Wakil Ketua Gereja Polycarpus dan saran masukan dari Ketua MUI Kab.Belu.

Saran masukan terkait pelaksanaan pengamanan perayaan Paskah juga disampaikan oleh Pasi Ops Kodim 1605 Belu, Kabid Pol PP Kab. Belu, KBO Sat Samapta serta Kanit Pam Obvit Sat Samapta Polres Belu.

Arahan dan penekanan Kabag Ops Polres Belu yang menanggapi saran serta masukan dari masing- masing Instansi terkait menutup kegiatan rapat Lintas Sektoral Ops Semana Santa Turangga 2023.

Untuk diketahui, Operasi Semana Santa Turangga ini sendiri, akan dilaksanakan selama 14 (empat belas) hari, mulai tanggal 4 April hingga 18 April 2023.

Operasi ini mengedepankan satgas preemtif, preventif, kamseltibcar lantas, penegakkan hukum dan bantuan operasi, dengan tujuan untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat kabupaten Belu dalam merayakan Paskah, dengan aman, nyaman dan lancar.