Uji Disiplin dan Kesiapan Personil Hadapi Dua Operasi, Wakapolres Belu bersama Propam Cek Sikap Tampang dan Surat-surat Anggota

Uji Disiplin dan Kesiapan Personil Hadapi Dua Operasi, Wakapolres Belu bersama Propam Cek Sikap Tampang dan Surat-surat Anggota

Usai mengambil apel jam pimpinan di halaman Mapolres Belu, Wakapolres Belu, KOMPOL Lorensius, S.H., S.I.K mengecek sikap tampang dan kerapian anggota, kamis (17/10/2024).

Dari pantauan Humas pukul 08.30 wita, seluruh personel Polri dan PNS Polri berbaris rapi di lapangan apel yang kemudian di cek satu persatu oleh Wakapolres Belu yang didampingi para Kabag, Kasat dan Perwira Staf Polres Belu.

Dalam pemeriksaan yang didampingi Kasi Propam, IPDA Filomeno Soares, SH dan anggota, orang nomor 2 di Polres Belu ini melakukan pemeriksaan sikap tampang meliputi seragam dinas, rambut dan jenggot serta atribut Polri.

Selain itu, pemeriksaan juga meliputi surat-surat kelengkapan diri seperti KTP, SIM, STNK dan kartu tanda anggota (KTA).

Terkait pemeriksaan tersebut, Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K melalui Wakapolres Belu mengungkapkan, sebagai anggota Polri yang setiap saat bersentuhan dengan masyarakat, dituntut untuk selalu menjaga penampilan, mengantongi identitas diri dan juga Surat-surat yang dibutuhkan dalam berkendara.

Kedisiplinan yang ditunjukkan oleh aparat itu sendiri tambah Wakapolres, agar tidak memunculkan citra negatif di hati masyarakat dimana Polisi selaku pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat yang saat ini tengah melaksanakan pengamanan Pilkada serentak dan operasi Zebra Turangga 2024.

"Saat ini kita tahu bersama Polri sebagai garda terdepan dalam menjamin situasi yang kondusif, tengah melaksanakan pengamanan kampanye dan operasi Zebra terkait mendisiplinkan masyarakat dalam berlalu lintas. Tentunya kesiapan kita dalam 2 operasi ini salah satunya disiplin anggota. Jadi Kita ingin disiplin dimulai dari petugas yang diterjunkan ke lapangan. Jadi kalau masyarakat ditertibkan, maka petugas harus menjadi contoh tertib lebih dahulu. Kita suruh masyarakat disiplin, sementara anggota kita malah berbuat pelanggaran di jalan"ungkap Wakapolres Belu.

“Kita ingin disiplin dimulai dari dalam. Oleh karena itu secara mendadak menggelar ops Gaktiplin. Kita tidak ingin, anggota turun ke masyarakat, pakaiannya pucat, kusut, berewokan dan rambut tidak benar. Dan sesuai pengamatan langsung tadi, disiplin anggota dalam hal berpakaian dan sikap tampang sudah bagus. Saya minta ini terus dipertahankan'tambahnya.

Selain mengecek kesiapan personil, kegiatan pemeriksaan Penegakan, Ketertiban dan Disiplin (gaktiplin) ini kata Wakapolres Belu, sebagai langkah mencegah berbagai bentuk pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh anggota Polri.

"Saya perintahkan Seksi Propam supaya kegiatan Gaktiplin harus terus digalakkan, tidak hanya bertepatan dengan operasi. Tujuannya untuk mencegah terjadinya pelanggaran disiplin serta mencegak kesiapsiagaan anggota dalam memberikan pelayanan masyarakat"pungkas mantan Wakapolres Sumba Barat ini.