Sambagi SMA Stella Gracia, Unit Kamsel Sat Lantas Polres Belu Ajak Pelajar Disiplin Prokes dan Tertib Berlalu Lintas

Sambagi SMA Stella Gracia, Unit Kamsel Sat Lantas Polres Belu Ajak Pelajar Disiplin Prokes dan Tertib Berlalu Lintas

Satuan lalu lintas Polres Belu melalui Unit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel), kembali menggelar kegiatan Police Goes To School dengan menyambangi SMA Stella Gracia Atambua, Kab. Belu, kamis (12/5/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan saat jam sekolah pukul 09.00 WITA, dipimpin Kanit Kamsel, AIPDA Achmad Ghazaky Nurawi, SH, dengan membawakan materi tentang etika berlalu lintas dan pencegahan covid-19.

Berdiri di hadapan puluhan siswa siswi Stella Gracia, Kanit Kamsel, AIPDA Jali biasa disapa mengatakan, etika yang baik dalam berlalu lintas bisa mengurangi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas ,menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatkan peran aktif masyarakat sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas dan menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan.

Kanit Kamsel juga menambahkan, siswa/i yang tertib berlalu lintas, menjadi cerminan bahwa siswa siswi tersebut pasti tertib di sekolah.

“Tertib berlalu lintas diantaranya menghargai pejalan kaki dengan tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas dan kebut-kebutan, memperhatikan kelengkapan surat-surat kendaraan,memakai helm SNI, dan tidak mengguna Handphone saat berkendara dan memakai knalpot racing”kata Kanit Kamsel.

“Bagi adik-adik yang belum punya SIM atau belum cukup umur, kami imbau untuk tidak boleh bawa motor sendiri dan kalau kedapatan, sanksinya bisa teguran dan juga penindakan”lanjut Kanit Kamsel.

Selain itu, Kanit Kamsel bersama anggota lantas yang hadir, juga mengimbau kepada siswa-siswi selalu menerapkan disiplin protokol kesehatan dengan menerapkan 5M yaitu menggunakan masker, selalu mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Kegiatan sosialisasi ini mendapatkan dukungan yang positif dari Kepala Sekolah dan para guru yang secara terbuka mengucapkan terima kasih dan berharap kegiatan serupa maupun dalam kemasan lain, akan terus digalakkan agar siswa/i mereka dapat menyadari betapa pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas. 

Terpisah, Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K melalui Kasat Lantas,  IPTU Brian Wicaksono, S.T.K., S.I.K mengungkapkan, pembinaan dan penyuluhan melalui Police Goes To School agar bisa merubah mindset/pola pikir para pelajar yang mengutamakan keselamatan daripada kesenangan dan kebutuhan akan alat transportasi.

“Kegiatan Police Goes to School sudah menjadi agenda rutin kami untuk para pelajar dan mengajak mereka untuk tertib berlalu lintas. Seperti memakai helm,, tidak boncengan tiga atau lebih, tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas, memperhatikan kelengkapan surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK. Dan yang belum cukup umur, tidak boleh bawa motor sendiri karena selain belum masuk umur untuk mendapatkan SIM, mereka masih labil sehingga saat berkendara mengancam keselamatan diri sendiri dan orang lain"jelas Kasat Lantas.

"Besar harapan kita,melalui kegiatan Police Goes To School ini, dapat memberikan kesadaran dan pemahaman kepada siswa-siswi untuk tertib dalam berlalu lintas guna mencegah kasus kecelakaan lalu lintas khususnya terhadap anak-anak di bawah umur. Di akhir kegiatan, kita imbau pelajar supaya tetap pakai masker dan jauhi kerumunan. Yang belum vaksin, segera datangi gerai vaksin terdekat karena dengan vaksinasi dapat melindungi Kita dari covid-19 "tutup Kasat Lantas.