Rutin Patroli Malam, Upaya Satgas Preemtif OMP Polres Belu Cegah Gangguan Kamtibmas Saat Pilkada 2024

Rutin Patroli Malam, Upaya Satgas Preemtif OMP Polres Belu Cegah Gangguan Kamtibmas Saat Pilkada 2024

Guna mencegah dan meminimalisir terjadinya gangguan kamtibmas di tahapan Pilkada 2024, Satgas Preemtif Operasi Mantap Praja Turangga terus melaksanakan patroli dialogis sebagai kegiatan rutin mencegah terjadinya suatu tindak kejahatan sekaligus upaya memberikan rasa aman ,perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat.

Kegiatan patroli dialogis yang kembali di helat jumat (13/9/2024) malam sekitar pukul 22.00 wita hingga tengah awal, di awali dari Mapolres Belu menuju kompleks pasar lama, gereja Polycarpus, hutan jati Nenuk, pasar baru, wilayah Wekatimun dan Sesekoe, kelurahan Umanen.

Selain itu,tim patroli yang dipimpin Kaur Bin Ops Binmas selaku Kasatgas preemtif, IPDA Rofino Dos Reis juga menyisir kantor penyelenggara Pemilu, gudang KPU, kompleks perkantoran, sekolah-sekolah serta sejumlah tempat yang dianggap rawan kamtibmas.

Dalam pelaksanaan patroli,  Kasatgas Preemtif bersama anggota memberikan pesan kamtibmas kepada masyarakat yang sementara nongkrong di pinggir jalan raya dan pinggiran pertokoan.

Kepada mereka, anggota kepolisian mengimbau untuk membatasi diri saat nongkrong dan menjauhi perbuatan melanggar hukum seperti memalak, minum-minuman keras, balapan liar ataupun tindakan melanggar hukum lainnya.

Terkait kegiatan tersebut, Kapolres Belu AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K  menyampaikan, kegiatan patroli setiap saat digelar untuk menghadirkan polisi di tengah masyarakat, sehingga masyarakat dapat merasakan kenyamanan dan keamanan khususnya ditengah gelaran pilkada 2024.

"Kegiatan ini (patroli) sifatnya preventif (Pencegahan) dan preemtif (imbauan) yang bertujuan mencegah potensi gangguan yang dapat membahayakan integritas proses pemilu. Dalam patroli ini anggota kita baik yang di Polres dan Polsek jajaran turun penuh menyisir kantor penyelenggara Pemilu seperti KPU, Bawaslu, posko pemenangan Paslon Bupati hingga Panwascam"ungkap Kapolres Belu.

"Untuk situasi di kantor KPU dan Bawaslu dalam keadaan aman. Dalam sambang kami ke 2 kantor tersebut, Kita berpesan kepada anggota kepolisian yang berjaga disitu, Kalau ada permasalahan yang menonjol kaitan dengan keamanan, segera laporkan ke Pimpinan sehingga dari Polres bisa secepat mungkin memback up sehingga maslah yang munucl tidak membesar, bisa segera Kita atasi sesuai prosedur hukum yang berlaku"tambah Kapolres Belu.

Untuk diketahui, guna menciptakan kamtibmas yang terus kondusif, sebanyak 100 personel dilibatkan dalam pengamanan tahapan penelitian persyaratan Paslon Bupati dan Wakil Bupati.

Pengamanan tahapan penelitian dalam rangka Operasi Mantap Praja Turangga 2024 Polres Belu dimulai sejak tanggal 30 agustus kemarin hingga 21 september 2024.