Malam Takbiran Idul Fitri 1442 H, Polres Belu Amankan Mesjid dan Lakukan Patroli Cegah Takbiran Keliling

Malam Takbiran Idul Fitri 1442 H, Polres Belu Amankan Mesjid dan Lakukan Patroli Cegah Takbiran Keliling

Umat Islam seKabupaten Belu pada Rabu (12/5/2021) malam menggelar malam takbiran guna menyambut datangnya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H.

Guna menjamin keamanan dan kelancaran serta mencegah adanya takbir keliling, personil Polres Belu didukung instansi terkait, melaksanakan pengamanan malam takbiran di 10 (sepuluh) mesjid yang tersebar di kabupaten Belu.

Seperti yang terlihat di mesjid Hidayatullah Atambua. Pelaksanaan gema takbiran yang dimulai setelah Sholat Isya, dijaga ketat aparat gabungan, tepatnya di pintu masuk mesjid dan di persimpangan jalan.

Dari pantauan Humas, gema takbiran di Mesjid Hidayatullah ini dihadiri Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, Finasim, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si beserta Forkopimda Plus Kabupaten Belu, Ketua MUI, Ketua PHBI, para takmir mesjid serta tamu undangan lainnya.

Pelaksanaan Gema Takbiran Idul Fitri 1442 H ini dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat yakni semua umat memakai masker saat memasuki halaman masjid, cuci tangan, diperiksa suhu tubuh dan menjaga jarak.

Terkait pengamanan malam takbiran tahun ini, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si mengatakan, selain melakukan pengamanan, pihaknya juga menggelar patroli dialogis untuk mencegah adanyakegiatan pawai takbir keliling di jalanan.

Menurutnya, larangan takbir keliling sejalan dengan kebijakan larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah untuk meminimalisir terjadinya kerumunan yang berpotensi terjadinya penularan covid-19.

“Sesuai kebijakan yang ada, kegiatan takbir keliling dilarang untuk dilaksanakan, guna menghindari kerumunan masa yang berpotensi terjadinya penularan covid-19. Sehingga di malam takbiran ini, anggota kita turunkan ke mesjid-mesjid dan kita libatkan peleton siaga untuk melaksanakan patroli mencegah adanya takbiran keliling” kata Kapolres Belu.

"Dan Alhamdulilah dari pantauan anggota Kita di lapangan, hingga tengah malam tidak ada masyarakat yang melakukan pawai keliling. Anggota yang kita tempatkan di mesjid-mesjid, melakukan pengamanan hingga pelaksanaan takbiran selesai" pungkas Kapolres Belu.