Bentuk Sinergitas, Kapolres Belu Bersama Forkopimda Hadiri Upacara Peringatan Hardiknas 2023 di Kantor Bupati

Bentuk Sinergitas, Kapolres Belu Bersama Forkopimda Hadiri Upacara Peringatan Hardiknas 2023 di Kantor Bupati

Memperingati hari pendidikan nasional (Hardiknas) tahun 2023, Kapolres Belu, AKBP Richo N.D Simanjuntak, S.I.K didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Belu, Ny.Vonny Richo Simanjuntak, mengikuti Upacara di halaman Kantor Bupati Belu, selasa, 2 mei 2023.

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional dipimpin Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM yang mengusung tema "Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar".

Membacakan sambutan Mendikbudristek RI, Bupati Belu selaku pembina upacara mengatakan, kurikulum Merdeka Belajar telah membawa peserta didik semakin dekat dengan cita-cita luhur Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. Yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

"Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan" ungkap Bupati Belu.

"Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka"lanjut Bupati Belu.

Masih dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Belu, Mendikbudristek mengungkapkan, Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap langkah berani yang sudah diambil. 

"Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan Merdeka Belajar"ujar Bupati Belu.

"Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita. Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan"pungkas Bupati Belu.

Selesai upacara, acara dilanjutkan dengan penyerahan Piagam Penghargaan dan piala kepada guru dan pelajar yang memenangkan lomba likurai dan Tebe kreasi tingkat SD dan SMP.

Selain penyerahan piala dan penghargaan kepada para pemenang lomba, Para peserta Upacara yang hadir juga disuguhkan dengan atraksi drum band dan tarian likurai yang dibawakan oleh pelajar kabupaten Belu.

Upacara yang dilaksanakan pagi tadi pukul 08.00 wita, dihadiri Wakil Bupati Belu, Ka Prodi Lahan Kering,Unhan Politeknik RI Mben Mboy, unsur Forkopimda plus kabupaten Belu antara lain Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan Negeri Atambua, Dandim 1605 Belu serta Danyon RK 744/SYB.

Hadir juga Sekda Belu, Staf Ahli Bupati Belu, Para Asisten Sekda Belu, Pimpinan OPD, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Organisasi Wanita, Kepala Bank/ Pimpinan BUMN/ BUMD, sejumlah pejabat TNI Polri serta tokoh lintas agama.

Sedangkan barisan upacara terdiri dari barisan ASN, para guru tingkat sekolah dasar hingga SMA, Mahasiswa Unhan Politeknik RI Mben Mboy MPH, Mahasiswa Unimor, serta barisan pelajar dari SD, SMP dan SMA.

Kapolres Belu bersama Ketua Bhayangkari Cabang Belu menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang lomba likurai dan Tebe kreasi