Kunjungan Kerja ke Polsek Raihat, Kapolres Belu Minta Anggota Genjot Akselerasi Vaksinasi dan Kawal BTPKLWN

Kunjungan Kerja ke Polsek Raihat, Kapolres Belu Minta Anggota Genjot Akselerasi Vaksinasi dan Kawal  BTPKLWN

Guna melihat secara dekat situasi dan kondisi anggota di lapangan, Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K, didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Belu, Ny.Lydia Krisbiyanto beserta pejabat utama Polres dan Pengurus cabang Bhayangkari Belu, melakukan kunjungan kerja ke dua polsek jajaran antara lain Polsek Raihat dan Polsek Lamaknen, selasa (22/2/2022).

Menggunakan kendaran roda empat, Kapolres Belu dan rombongan mengawali kunjungan kerjanya dengan mendatangi Polsek Raihat, desa Tohe, kecamatan Raihat, kabupaten Belu.

Kedatangan Kapolres Belu dan rombongan sekitar pukul 09.00 WITA, disambut Kapolsek Raihat, IPTU Marcelo Da Silva, S.Sos dan anggota serta Ketua Bhayangkari Ranting Raihat dan anggota.

Dari pantauan Humas di lapangan, kegiatan supervisi ini diawali dengan pengecekan kelengkapan administrasi operasional dinas di masing-masing Unit yang ada di Polsek Raihat.

Usai pengecekan, kegiatan dilanjutkan dengan tatap muka Kapolres Belu dengan anggota Polsek serta disaat bersamaan, kunjungan kerja juga diisi dengan tatap muka Ketua Bhayangkari Cabang Belu dengan seluruh Bhayangkari Ranting Raihat.

Acara tersebut diawali sapaan dari Kapolsek Raihat dengan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolres Belu dan rombongan yang dilanjutkan dengan paparan singkat tentang situasi wilayah hukum Polsek, ancaman kamtibmas yang sering terjadi serta upaya pencegahan covid-19.

Dalam tatap muka tersebut, Kapolres Belu mengatakan, tujuan dilaksanakannya kunjungan kerja ini adalah untuk mengetahui secara langsung situasi kamtibmas di wilayah Kecamatan Raihat sekaligus mengecek kesiapan Polsek dalam pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu,langkah (kunjungan kerja) tersebut dilakukannya sebagai bentuk positif membangun komunikasi antara Pimpinan dan anak buahnya, yang erat kaitannya dengan situasi kamtibmas dan pembangunan di wilayah perbatasan RI-RDTL.

"Sebelumnya wilayah disini sudah Saya datangi namun secara resmi, sesuai agenda kerja baru hari ini Saya laksanakan. Dan sesuai jadwal yang sudah disiapkan pak Kasium, kunjungan kerja ini akan Saya lakukan di seluruh Polsek jajaran"kata Kapolres Belu.

"Sebenarnya kunjungan kerja ini Saya tidak mau terlalu formal supaya tidak membebani rekan-rekan diwilayah karena ini sudah tanggung jawab saya sebagai Pimpinan yang tentunya ingin melihat kesiap siagaan rekan-rekan dalam pelaksanaan tugas, baik itu dari segi administrasi, bangunan mako, inventaris kantor dan sarana pendukung tugas lainnya"tambah Kapolres Belu.

Masih dalam arahannya, Kapolres Belu mengajak Kapolsek Raihat dan anggota dapat bekerja sama dalam mendukung program dari pemerintah yang pada tahun 2022 ini digencarkan untuk kemaslahatan masyarakat di tengah pandemi covid-19.

Program pemerintah yang dimaksud Kapolres Belu disini yakni terkait akselerasi vaksinasi covid-19 dan program bantuan tunai pedagang kaki lima, warung dan nelayan (BTPKLWN).

"Salah satu program bapak Presiden RI yang disampaikan ke bapak Kapolri terkait akselerasi vaksinasi, harapannya akhir maret ini pelaksanaan vaksinasi khususnya dosis 1 sudah mencapai 100 persen. Target ini tentu kita bisa capai kalau rekan-rekan di Polsek kompak bekerja sama dengan stakeholder di kecamatan Raihat. Disini ada Brimob, Koramil, pemerintah kecamatan dan desa jadi ayo sama-sama Kita turun ke masyarakat yang belum vaksin agar segera mendapatkan vaksin. Sekarang targetnya anak-anak, mungkin ada beberapa sekolah disini yang belum melaksanakan vaksinasi, kita harus jemput bola dan berkordinasi dengan pemerintah disini sehingga anak-anak semuanya sudah menjalani vaksinasi" kata Kapolres Belu.

"kemudian Kedua, Program pemerintah yakni bantuan langsung tunai untuk pedagang kaki lima, warung dan nelayan. Untuk kriterianya sudah Saya sampaikan dan terima kasih rekan-rekan jajaran sudah turun mendata siapa-siapa yang layak untuk menerima bantuan tersebut. Setelah verifikasi kesesuaian data dilakukan, tugas kita selanjutnya adalah mengawal penyalurannya sehingga tepat sasaran dan tidak menemui kendala di lapangan"pungkas Kapolres Belu.

Diakhir arahannya, Kapolres Belu meminta kepada anggota Polsek Raihat agar selalu menjaga kesehatan, jauhi pelanggaran dan tetap kompak dalam aktivitas sehari-hari maupun dalam pelaksanaan tugas. 

"Saya minta situasi yang sudah kondusif harus rekan-rekan pertahankan. Tingkatkan terus patroli dan sambang masyarakat guna mencegah gangguan kamtibmas dan memberikan kenyamanan masyarakat saat beraktivitas maupun saat istirahat malam"pesan Kapolres Belu.

"Kemudian Jangan lengah sedikitpun dalam menjaga keamanan mako dan selalu mengecek tahanan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.Yang terakhir pesan saya,tetap jaga kesehatan, jaga keluarga dan insitusi kita ini dengan tulus dan ikhlas dengan selalu kompak dan menghindari pelanggaran sekecil apapun"tutup Kapolres Belu.

Bertolak dari Polsek Raihat, Kapolres Belu dan rombongan melanjutkan agenda kerjanya dengan mengunjungi Polsek Lamaknen.

Selama kunjungannya di Polsek Raihat, Kapolres Belu dan istri didampingi Kabag SDM, AKP Yunior T.M Duil, Plt.Kasubbag Bekpal Bag Log, AKP Filomena Bene Bere, SH dan anggota, Kasium, IPTU Moses De Fatima, Kasi Propam, IPDA Mahrim, SH, sejumlah pengurus cabang Bhayangkari Belu serta anggota Humas.