Jawab Keresahan Warga, Personil Gabungan Polres Belu Gelar Operasi Berantas Premanisme

Jawab Keresahan Warga, Personil Gabungan Polres Belu Gelar Operasi Berantas Premanisme

Dalam rangka menekan angka kejahatan di gelaran operasi Bina Kusuma Turangga 2022, Kepolisian Resor Belu menggelar operasi penertiban premanisme tepatnya di pasar baru Atambua, Kelurahan Beirafu, Kabupaten Belu , jumat (24/6/2022).

Kegiatan yang digelar pagi tadi pukul 09.00 wita, dipimpin Kasat Reskrim Polres Belu, AKP Sujud Alif Yulam Lam, S.I.K yang melibatkan personil dari Sat Reskrim, Intelkam, Samapta dan Sat Binmas Polres Belu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas, IPTU Gregorius P.Settu, Kasat Samapta, IPTU Sadikin, S.Sos, Kasubbag Dal Ops, IPTU Rio Estves dan Kasi Propam, IPDA Agus Haryono, SH.

Dari pantauan Humas di lapangan, kegiatan operasi penertiban premanisme dilaksanakan di beberapa titik di pasar baru antara lain Pertigaan Polsubsektor Kota, los pasar ikan, los sayur mayur, cabang apotik K-24, cabang toko Flora, cabang toko Suka Roti dan cabang toko angkasa ria.

Dengan berjalan kaki, personil gabungan Polres Belu menyisir kompleks pasar baru sembari memberikan imbauan kepada masyarakat pengunjung pasar dan juga para pedagang.

Selain imbauan, pihak keamanan juga mengatur arus lalu lintas di sejumlah persimpangan jalan seperti di cabang Saudale, cabang Sukaroti, cabang apotik K24 dan cabang Timor Angkasa.

Terpisah, Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K mengatakan, langkah penertiban pasar kali ini digelar pihaknya, bertujuan memberikan rasa nyaman kepada masyarakat, menekan angka kriminalitas dan mencegah kejahatan premanisme.

"Hari ini Kita melaksanakan kegiatan bertajuk berantas Premanisme karena berdasarkan hasil analisa dan laporan masyarakat bahwa sering adanya aksi pemalakan di lokasi Pasar Baru. Dimana ada sekelompok pemuda yang sering datang dan meminta uang keamanan kepada masyarakat yang berjualan di lokasi Pasar Baru" ungkap Kapolres Belu.

"Berangkat dari itu kami melakukan kegiatan Preemtif, Preventif untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat sekaligus menekan kriminalitas yang terjadi di pasar baru. Teknisnya, kita melaksanakan penertiban dan juga patroli. Kalau ada dugaan-dugaan yang melanggar pidana kita lakukan penindakan sesuai aturan yang berlaku"tegas Kapolres Belu.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Polres Belu ini menambahkan, pihaknya menghimbau kepada pedangan serta pengunjung pasar untuk tidak segan melapor ke pihak keamanan jika terjadi ancaman atau ganggauan kamtibmas.

"Kehadiran Kita disini untuk memberikan rasa nyaman kepada para pedagang sekaligus menjawab keresahan warga. Kita sampaikan ke mereka untuk tidak usah takut berjualan dan berbelanja. Kalau melihat oknum masyarakat yang hendak berbuat kekacauan, agar segera melapor ke kepolisian maupun aparat keamanan lainnya"kata Kapolres Belu.

"Kemudian juga kalau ada yang mabuk-mabuk di kompleks pasar dan melakukan pemalakan, segera lapor supaya segera kami amankan. Dan hasil pantauan kami hari ini serta pengakuan pengunjung pasar maupun pedagang, untuk kondisi pasar baru saat ini aman terkendali " pungkas Kapolres Belu.