Jalin Sinergi dan Kolaborasi dengan Tokoh Agama, Kapolda NTT Kunjungi Uskup Agung Atambua

Jalin Sinergi dan Kolaborasi dengan Tokoh Agama, Kapolda NTT Kunjungi Uskup Agung Atambua

Melanjutkan agenda kunjungan kerjanya di wilayah hukum Polres Belu, Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum melaksanan silaturahmi ke Keuskupan Atambua, di Lalian Tolu, Nenuk, kecamatan Tasifeto Barat, kabupaten Belu,rabu (7/12/2022).

Kedatangan Kapolda NTT yang didampingi sejumlah pejabat utama Polda dan Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K sekitar pukul 17.45 wita, disambut hangat Uskup Atambua Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr bersama para Romo.

Dalam silaturahmi perdananya ini, Kapolda NTT mengatakan, silaturahmi kamtibmas di Keuskupan merupakan bagian dari rencana kerja sebagai Kapolda NTT yang baru, dalam membangun kolaborasi dan sinergitas dengan instansi pemerintah, TNI dan mitra kamtibmas lainnya termasuk para tokoh Agama di seluruh kabupaten yang ada di NTT.

"Kedatangan Kami di Belu ini adalah bagian dari rencana kerja sebagai Kapolda yang baru dengan melakukan kunjungan ke Polres-polres jajaran untuk memperkenalkan diri kepada pemerintah daerah, TNI, para tokoh lintas sektor dan stakeholder lainnya"tutur Kapolda NTT.

"Kami mohon dukungan dari tokoh-tokoh agama karena karena kami tahu para pemuka agama mempunyai peran yang sangat besar dalam membangun masyarakat, bukan hanya dari segi keimanan tapi juga dari segi karakter bangsa dan juga dari segi pendidikan dan ekonomi. Kita tahu suara bapak Uskup, ustad, imam sangat didengar oleh masyarakat, sehingga kolbaorasi antara Polri dan unsur keagamanan merupakan sesuatu yang sangat penting dan perlu kita lakukan dalam menciptakan kamtibmas yang terus kondusif seperti saat ini"tambah Kapolda NTT.

Lebih lanjut, Kapolda NTT berharap suara dari Pemimpin Agama Katolik ini dalam mengimbau seluruh umat untuk menjaga kamtibmas dengant tidak terpengaruh berita hoaks, tidak terpengaruh ajaran radikalisme yang ingin menghancurkan perdamaian dan persatuan kesatuan bangsa

"Gereja mempunyai peran yang tidak jauh beda dari Polri, sebagai fungsi pembina dan pelayan masyarakat serta membangun karakter anak bangsa. Dan sebagai aparat penegak hukum dan penjaga kamtibmas, tentu disini tidak bisa kami lakukan sendiri tanpa partisipasi dukungan dari tokoh-tokoh agama"ungkap Kapolda NTT.

"Untuk itu pada kesempatan ini, Kami mengajak bapak Uskup untuk kita bersama membangun suatu masyarakat yang baik, kuat, yang nasionalis, Karena dengan nasionalisme yang kuat, kita mempunyai tekad membangun bangsa, keinginan kuat untuk bekerja, mencapai suatu yang sejahtera. Dan rasa nasionalisme perlu kita gaungkan ditengah-tengah adanya kelompok yang mau meruntuhkan indonesia, intoleran dan radikalisme"pungkas Kapolda NTT.

Sementara itu Uskup Atambua mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kapolda NTT berserta rombongan.

"Kami sebagai Tokoh agama siap bekerja sama dan mendukung Polda NTT dalam menciptakan kamtibmas di wilayah NTT khususnya di wilayah Kabupaten Belu", ucap Uskup Mgr. DR Dominikus Saku, Pr.

Diakhir kegiatan Kapolda NTT menyerahkan cindera mata berupa Plakat kepada Uskup Mgr. DR Dominikus Saku, Pr.

Adapun sejumlah pejabat utama Polda NTT yang hadir dalam silaturahmi ini antara lain Irwasda Kombes Pol Zulkifli, S.S.TmK., S.H., M.M, Direktur Reskrimum Polda NTT Kombes Pol. Patar Silalahi, S.I.K, Direktur Reskrimsus Polda NTT, Kombes Pol. Mochamad Yoris Maulana Yusuf Marzuki, S.I.K dan Dansat Brimob Kombes Pol. Ferry Raimond Ukoli, S.I.K.

Hadir pula Dirintelkam Poda NTT Kombes Pol. Jan Wynand Imanuel Makatita, S.I.K, Dirresnarkoba Kombes Pol Sigid Haryadi, S.I.K serta Kabdidpropam Polda NTT Kombes Pol. Drs. Dominicus Savio Yempormase, serta Koorspripim Polda NTT, Kompol Eliana Papote, S.I.K., M.M.