Di Kemas Sederhana, Polres Belu Gelar Acara Kenal Pamit Kapolres Belu

Di Kemas Sederhana, Polres Belu Gelar Acara Kenal Pamit Kapolres Belu

Usai kegiatan laporan kesatuan, rangkaian acara pisah sambut Kapolres Belu dilanjutkan dengan acara kenal pamit Kapolres Belu dari AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K.,M.Si kepada AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K., sabtu (11/9/2021).

Pejabat lama AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K.,M.Si yang didampingi istri Ny. dr. Iffi Khairul Saleh, menuturkan, selama 1 tahun 1 bulan menjabat Kapolres Belu, banyak pengalaman maupun suka duka dirasakan olehnya termasuk hajatan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah kabupaten Belu tahun 2020.

Dirinya bersyukur, berkat dukungan anggotanya serta sinergitas Polri dengan pemda, TNI dan elemen masyarakat lainnya, pelaksanaan Pilkada berjalan dengan aman, lancar dan jauh dari klaster baru covid-19.

" Kurang lebih 1 tahun, 1 bulan 3 hari kami disini. Waktu tidak terlalu lama tapi kenangan dan pengalaman cukup banyak kami dapat selama menjabat Kapolres Belu. Pada saat mulai bertugas, suhu politik sedikit memanas namun berkat dukungan semua pihak, sehingga pelaksanaan pilkada berjalan aman dan lancar" kata AKBP Khairul Saleh.

“Untuk itu Kami ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada bapak Bupati Belu, unsur Forkompinda plus termasuk tokoh agama dan stake holder lainnya, karena selama kami bertugas sebagai Kapolres Belu, selalu bersinergi secara baik dan telah banyak membantu sehingga secara umum situasi terjaga kondusif hingga saat ini”lanjut AKBP Khairul Saleh.

Lebih lanjut, pria jebolah Akademi Kepolisian tahun 2020 ini berharap, sinergitas yang ada, akan terus dijaga dan ditingkatkan meski sudah berganti Kapolres karena sinergitas yang dibangun semata-mata untuk kepentingan masyarakat luas.

"Saat ini sudah ada pimpinan yang baru. Hubungan sinergitas, kerjasama antar Polres dengan lintas sektor, Pemda dan TNI cukup bagus dan kami sangat merasakan perubahan- perubahan khususnya dalam penanganan Covid-19 ini" kata AKBP Khairul Saleh.

"Kemudian juga.kegiatan patroli bersama, baik itu dengan sepeda motor maupun dengan kendaraan roda 4 dan 6. Harapan Kami, ini (sinergitas) akan terus terjaga, terus menjadi bagus karena sinergitas yang Kita bangun disini artinya untuk kepentingan bersama, khususnya untuk masyarakat Belu"pinta  AKBP Khairul Saleh.

Sementara Kapolres Belu yang baru, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K didampingi Istri Ny. Lidya Krisbiyanto, dalam sambutannya berharap komunikasi/hubungan baik dengan Pemda Belu, TNI serta instansi terkait lainnya akan selalu terbina dengan baik, seperti saat kepemimpinan Pejabat Kapolres Belu yang lama.

“Saya dan keluarga mohon diterima sebagai warga baru di kabupaten Belu iniu. Apa yang sudah dicapai Pejabat Kapolres lama sudah luar biasa dan cukup baik. Ini akan kami pertahankan dan ditingkatkan terus, baik itu hubungan antar instansi dan masyarakat maupun dalam memberikan pelayanan yang optimal untuk masyarakat” ungkap Kapolres Belu.

"Saya juga meminta dukungan dari semua pihak untuk menjaga sinergitas dan selalu menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Belu. Terlebih dalam hal penanganan covid-19 yang menjadi perhatian pemerintah pusat dan pimpinan Kami dalam hal ini Bapak Kapolri "pungkas Kapolres Belu.

Pada acara kenal pamit yang berlangsung di belakang Mako Polres Belu pukul 11.00 WITAi, mantan Kapolres Belu dan istri menerima banyak cendera mata, mulai dari Wakil Bupati Belu, Ketua DPRD Belu, Dandim 1605 Belu, Dansatgas Pamtas RI-RDTL, Wakapolres Belu dan istri, para pejabat utama Polres serta tamu undangan lainnya..

Acara yang dikemas sederhana ini juga dihadiri Rektor UNHAN Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian, ST, M.Sc, DESD, CIQaR, IPU, Ketua Pengadilan Negeri Atambua, Kajari Atambua, Perwira mewakili Danyon Raider Sus 744/SYB, Perwira mewakili Dansatgas Pamtas RI-RDTL serta sejumlah undangan dari berbagai Instansi Pemerintah, TNI, BUMN, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta para anggota Polres Belu.

Untuk diketahui, Jabatan Kapolres Belu resmi berpindah tangan, ditandai dengan upacara serah terima jabatan Kapolres Belu dan Kapolres Sumba Barat Daya, yang dipimpin Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H.,M.Hum,  Kamis (9/9/2021).

Pergeseran atau pengalihan tongkat komando Kapolres Belu ini, tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor  ST/1701/VIII/Kep/2021 tanggal 25 Agustus 2021 yang ditanda tangani As SDM Kapolri, Irjen. Pol. Drs. Wahyu Widada, M.Phil.

Dalam surat telegram tersebut, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K yang sebelumnya menduduki jabatan Kabag Binopsnal Dit Lantas Polda NTT, dipercaya untuk memimpin Polres Belu menggantikan AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K.,M.Si yang mendapat promosi jabatan sebagai Wadir Reskrimsus Polda NTT.