Pilkada 2024, Ratusan Personel Polres Belu Sukses Amankan Hari ke 2 Pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati Belu

Pilkada 2024, Ratusan Personel Polres Belu Sukses Amankan Hari ke 2 Pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati Belu

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belu, Servasius Serbaya Manek dan Pius Agustinus Bria, dengan tagline Paket SERIUS-AKAMSI, secara resmi mendaftarkan diri di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu, rabu (28/08/2024).

Pendaftaran pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati di hari kedua ini mendapatkan pengamanan ketat dari Personel gabungan Polres Belu dan Polsek jajaran.

Seperti pendaftaran di hari pertama, sebelum turun ke lokasi pengamanan, sebanyak 200 personel pengamanan melaksanakan apel kesiapan di lapangan Mapolres Belu.

Apel kesiapan pengamanan ini dipimpin Kapolres Belu, AKBP Miniani Arief, S.I.K. yang dihadiri Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, para Kabag, Kasat, Perwira Staf, Kapolsek jajaran serta personel Polres dan Polsek jajaran yang terlibat dalam pengamanan.

Dalam arahannya pagi tadi pukul 08.30 WITA, Kapolres Belu mengimbau anggota yang terlibat pengamanan agar melaksanakan tugas sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) sehingga rangkaian kegiatan pendaftaran dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Saya minta kegiatan pengamanan, harus mengikuti SOP yang ada serta perhatikan keamanan rekan-rekan masing-masing. Jangan anggap remeh, Kita harus betul betul melakukan pengamanan sesuai prosedur yang ada. Saya minta tidak ada yang boleh meninggalkan lokasi pengamanan sebelum selesai kegiatan. Kalau ada yang kedapatan maka akan Saya tindak tegas"kata Kapolres Belu.

"Ikuti arahan dari Perwira yang ada dilapangan. Rekan-rekan harus selalu jaga Netralitas karena Polri tidak ada hak suara ataupun memihak. Saya juga ingatkan, Kita jangan melarang bakal calon darimanapun untuk melakukan pendaftaran karena itu hak siapapun. Yang menentukan lolos atau tidaknya itu dari KPU"pungkas Kapolres Belu.

Usai melaksanakan apel kesiapan pengamanan, ratusan personel Polres Belu langsung bergerak ke titik pengamanan yakni di titik kumpul sekaligus tempat deklarasi dari pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belu, Paket SERIUS AKAMSI di jalan Kapten Tendean, Gerbades, Kota Atambua,

Selain itu, anggota kepolisian yang terlibat dalam operasi Mantap Praja Turangga 2024 ini, juga melaksanakan pengawalan paslon beserta massa pendukungnya, yang bergerak dari sekretariat dilanjutkan dengan konvoi keliling kota dan kemudian menuju kantor KPUD Belu.

Tidak hanya melakukan pengawalan, anggota kepolisian juga mengisi setiap persimpangan jalan yang dilalui Paslon Serius-Akamsi dan ratusan massa sebagai langkah meminimalisir ganguuan kamtibmas sekaligus mencegah kemacetan arus lalu lintas.

Setelah bakal paslon dan massa pendukung tiba di depan Kantor KPU sekitar pukul 14.00 wita, sejumlah personel Polres Belu yang berjaga-jaga di pintu masuk kantor KPU melakukan pemeriksaan terhadap Paslon Bupati dan perwakilan pendukung yang akan melakukan proses pendaftaran.

"Alhamdulillah di hari kedua pendaftaran bakal calon bupati dan Wakil Bupati dari paket Serius-Akamsi berjalan aman dan lancar. Massa yang hadir dari sejumlah kecamatan datang maupun kembali dalam keadaan aman dan tertib dimana pergerakan massa di kawal langsung oleh anggota kita yang bertugas di Polsek"ungkap Kapolres Belu.

"Pergerakan Paslon dan rmasa pendukung mulai dari tempat deklarasi di sekretariat paket Serius-Akamsi hingga sampai di KPU, secara umum berjalan dan lancar. Harapan kami kegiatan pendaftaran besok juga berjalan dengan lancar seperti 2 hari sebelumnya"pungkas Kapolres Belu.

Kapolres Belu turun langsung memantau pengamanan kegiatan pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati Belu